nhk

MotoGP 2013 Spanyol Jerez: 9 Matador di Atas Podium, Tanpa Rossi Di Jerez..?

ManiakMotor – GP Spanyol di sirkuit Jerez selalu bergemuruh. Hanya event ini yang bisa mengalahkan jumlah penonton El Clasico antara Barcelona dan Real Madrid. Yel-yel sembari teriak ole-ole dengan penoton seperti diperintah bergelombang ciri khas tifosi MotoGP di sana.

Seapek-apeknya jumlah penonton, minimal 130.000-an selalu mengisi Jerez kala menggelar MotoGP. Musim 2005 bahkan menembus 237 ribu lebih dan duduk pepet-pepetan di tribun. Musim ini hal serupa pasti terjadi. Tiket masuk sudah habis jauh hari dan mulai sekarang panitianya bahkan sudah mulai melayani penjualan tiket untuk musim 2014.

Daya tarik utama musim 2005 itu adalah permusuhan besar antara Valentino Rossi dan Sete Gibernau. Keduanya mewakili Italia versus Spanyol, Yamaha versus Honda, yang juga El Clasico (duel klasik) di MotoGP. Aroma serupa akan mewarnai raceday pada Minggu (5/5) ini. Masih ada Rossi di sana, kembali ke Yamaha. Lawannya kini tiga matador sekaligus: Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, dan Marc Marquez.

Itu yang bikin panas lomba kali ini, terlebih karena faktor Rossi yang seperti terlahir kembali sebagai The Doctor dan dewanya MotoGP. Juga ada Marquez si anak baru yang bikin gregetan. Orang-orang Spanyol jelas inginkan tiga podium diisi tiga rider mereka seperti terjadi di Austin tempohari. Dan, Rossi adalah joki yang paling potensial untuk mencegah hal itu terjadi. Ia bisa menggeser salah satu dari Lorenzo, Pedrosa, dan Marquez agar All Spanish Podium seperti Austin tak terulang.

Tanpa mengesampingkan Cal Crutchlow (Inggris/Yamaha Tech3), Rossi memang sangat berpeluang naik podium bahkan juara jika mencermati catatan sejarahnya di Jerez dan performa YZR-M1. Itu bila The Doctor sukses seperti diprediksikan. Kalau podium MotoGP tanpa dirinya, waduh…waduh… bisa jadi Jerez akan bikin rekor paling dahsyat. Para pembalap Spanyol bisa semuanya memenuhi podium di tiga kelas.

Di Austin, mereka sudah mengisi 8 dari 9 tempat di podium. Hanya Moto2 yang tak diborong Spanyol karena ada Mika kallio (Finlandia). Jika saat itu Pol Espargaro tak terjatuh, pastinya Kallio tak berada di podium sehingga 9 podium itu diborong para Matadaor. Memborong 8 dari 9 podium baru dua kali  terjadi di ajang balap motor dunia itu. Pertama oleh Jepang di Suzuka tahun 2000. Saat itu Norick Abe menjuarai GP 500, ditemani Kenny Roberts Jr dan Tadayuki Okad di podium. Hanya Roberts yang asal Amrik itu yang bikin Jepang tak borong semua podium, sebab tiga besar di kelas 125 dan 250 cc seluruhnya diambil para joki Samurai Biru.

Setelah di Austin ambil 8 dari 9 tempat podium, kinilah saatnya Spanyol mengambil seluruh podium yang ada. Yang bisa bikin amburadul rencana itu adalah Rossi dan Crutchlow (atau mungkin juga Stefan Bradl/Jerman) di MotoGP, Scott Redding (Inggris) dan Kallio di Moto2, serta Jonas Folgar (Jerman) di Moto3. Yang pasti mereka tidak menghitung pembalap Jogja dan Tanjung Priuk.

Diperkirakan penonton di Jerez saat raceday nanti di atas 200 ribuan pasang mata. Keinginan terbesar mereka hanyalah melihat para Matador di atas podium, sekaligus menghajar Rossi yang sudah terlampau sering menghajar joki Spanyol di rumah sendiri.

Tapi, omong-omog, kok matador adanya di atas panggung ya? Bukannya di lapangan atau jalanan kota?  Au ahhh…! Andro

Berita Terkait

Klasemen Dan Hasil MotoGP 2013 Austin, Texas, Amerika, Semua Sesi, 19 – 21 April 2013

MotoGP 2013 Jerez (Jelang); Rapat Sejak FP, Rossi + Crutchlow ‘Pengacau’ Matador

MotoGP 2013 Jelang Jerez: Marquez Kejar Rekor Ganda

MotoGP 2013 Menuju Jerez; Valentino Rossi Ala Bisa Karena Biasa Di Jerez

MotoGP 2013 Jelang Jerez: Lebih Kencang dari Rossi, Crutchlow Harus Ambil Kesempatan

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353