nhk

MotoGP 2013 Spanyol Menuju Jerez; Valentino Rossi Ala Bisa Karena Biasa Di Jerez

 

 

ManiakMotor – Untuk ukuran umur Velentino Rossi, sirkuit Jerez yang dipakai untuk ronde III MotoGP 2013, 5 Mei ini, menguntungkan baginya. Ia tidak terbebani seperti Austin misalnya. Pak Rossi akan bermain bebas dan lepas. Maka ia cuap-cuap akan kembali mengangkat trofi  atau piala. Maklum, ia seorang entertain yang dari ucapannya saja bikin rame belantika MotoGP.

Begitu yakinnya Rossi sehingga sesumbar akan podium. Wajar! Pertama soal hapalan sirkuit. Di dalam otaknya tidak ada ‘kira-kira’ bisa menikung atau mampu menghentikan motor di depan tikungan sampai kehilangan fungsi rem. Baginya Jerez sudah seperti pepatah ‘ala bisa karena biasa’. Menikung dan gas poll tapi tidak rem blong di Jerez,  Rossi otomatis biasa. “Karena Jerez adalah favoritku,” kata Rossi panjang lebar tapi hanya kalimat itu yang pas dipasang di tulisan ini.

Rossi sepanjang karirnya di MotoGP sudah pernah melakukan manuver yang paling sulit di Jerez. Fakta dan nyata, ia enam kali juara di situ. Dalam keadaan kefefet dengan Ducati pun, Pak Rossi masih bisa ke-5. Lubang – bukan trek Jerez yang rusak dan berlubang – tetapi semua celah sirkuit Herez, beyes bagi Rossi dengan performa YZR M1 bersama dirinya. Salah satu yang tersulit yang bisa diatasinya adalah perangnya bersama Sete Gibernau di sirkuit ini 2005.

 Dengan dasar itu Rossi telah mengklaim M1 bisa jago, paling tidak didukung hasil testing akhir Maret lalu yang kompetitif. Jika pun nanti, sampai qualifying 2 di Jerez masih di belakang, ya tinggal ubah omongan. Tapi ini beda bro, selain hasil testing tadi, Rossi tanpa terbebani setting M1 yang harus lacak ini dan itu lebih dulu sesuai karakter dirinya. Juga tidak dituntut untuk pengenalan sirkuit seperti Austin. Bisa saja di Jerez ia langsung bisa on fire sejak sesi free practice. Ya semoga begitu.

Lebih utama lagi, walau Jerez pendek-pendek dan kecil, ini bukan sirkuit yang sebentar kencang bangat  dan sebentar pelan sekali yang menguras fisik dan butuh refleks tinggi. Tetapi konstan pada putaran tertentu yang kata orang sono mengalir macam kali Ciliwung. Rossi pun tahu sudut-sudut mbalapnya supaya lebih mengalir lagi. “Jerez memang trek yang lebih baik buat Yamaha. Saat ini lawan adalah diri sendiri dan tinggal menenangkan diri saat lomba,” bibir eh beber Rossi.

Mau tidur maksudnya, Ross..? Ito

BERITA TERKAIT

MotoGP 2013 Jelang Jerez: Valentino Rossi Siap Tempur, Angkat Trofi Lagi

MotoGP 2013 Jelang Jerez: Lebih Kencang dari Rossi, Crutchlow Harus Ambil Kesempatan

MotoGP 2013 Jelang Jerez: Weleh..Weleh, Lorenzo Kok Sudah Mikir Main Aman Sih?

MotoGP 2013 Menuju Jerez; Ayo Marquez Jangan Terus Merendah, Motor Tergantung Setting

MotoGP 2013 Jelang Jerez: Pedrosa Akui Kemampuan Marquez, Kecewa Pada Diri Sendiri



BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353