nhk

MotoGP 2013: Spies Bisa Ditepis, Redding Berancang-Ancang

 

ManiakMotor – Eks rider Yamaha Factory Racing Ben Spies memang tengah apes habis. Pindah ke Pramac Ducati musim 2013, ia baru tarung di dua seri. Kontrak yang habis  di akhir musim ini pun rawan.

Patah tulang bahu kanan di GP Malaysia tahun lalu berkepanjangan. Memang sempat sembuh sehingga eks juara Superbike 2009 itu bisa tampil di seri pembuka GP Qatar dan Austin yang dua-duanya finish 10 Besar. Namun, cideranya kumat hingga absen di seri Jerez dan LeMans. Selanjutnya sempat ikut sesi FP Mugello namun pulang lebih awal karena belum fit betul, seterusnya absen di seri  Catalunya, Assen, Sachsenring dan Laguna Seca.

Kini Spies merasa sudah 100% pulih dan siap[ tampil di seri Negara sendiri GP Indianapolis, AS, 16-18 Agustus. Jelas, tak banyak yang bisa ia harapkan meski tetap dapat dukungan penonton tuan rumah. “Kesehatanku sudah 100% sehat, tapi rasanya tak mungkin tampil 100% karena sudah terlalu lama tak balapan,” katanya.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Sepekan setelah Indianapolis, sirkus MotoGP pindah ke Sirkuit Brno, Ceko, 23-25 Agustus. Dan, dua event dalam 7 hari ini akan sangat krusial bagi Spies. Jika belum bisa memberikan harapan lebih baik, tak mustahil posisinya di Pramac Ducati bisa ditepis untuk musim depan. Biasanya, akhir Agustus sudah mulai dipermanenkan formasi masing-masing tim untuk musim berikutnya. Hanya keajaiban yang bisa bikin Spies langsung melejit dalam seminggu itu.

Namun, asalkan ia sehat walafiat, posisinya masih bisa aman walau tanpa prestasi signifikan. Itu jika pertimbangannya pasar MotoGP dan kepentingan sponsor  di belahan AS. Maklum, musim depan Nicky Hayden tak main MotoGP lagi sehingga praktis hanya Spies yang potensial sebagai ‘bahan jualan’ di AS.

Andrea iannone, rekan satu tim Spies, sebenarnya juga habis kontrak akhir 2013. Tapi, posisinya lebih aman karena masih muda, seorang Italiano unggulan Ducati, dan adaptasinya musim ini cukup baik sebagai jebolan Moto2.

Jika Spies benar-benar ditepis, Scott Redding yang kini memimpin klasemen sementara Moto2 2013 digadang-gadang sebagai suksesor.  Redding sendiri punya opsi lain yakni naik ke MotoGP berasma timnya, Marc VDS Racing Team, sebagai tim privat 2014 dengan membeli pacuan Honda RC213V atau menyewa mesin Yamaha YZR-M1.

Jika itu yang terjadi, kemungkinan lain adalah menaikkan posisi Michele Pirro dari test rider jadi pembalap regular Pramac Ducati. Tujuh hari yang berat dan sangat menentukan masa depan Spies. Macam mana ia harus lewati ujian itu?  Tolong, tolong, tolongggg! Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013; Tunggu Rossi Bilang ‘Wantap..!, Hasil Test SSG M1 Brno

MotoGP 2013 Jelang Stoner Latihan Motegi; Kenapa Bukan Oztrali?

MotoGP 2013: Mudah Beradaptasi, Bekal Crutchlow di Ducati

MotoGP 2013: Smith Sudah Lega, Tak Mau Tahu Soal Crutchlow

 

BAGIKAN