nhk

MotoGP 2013 SSG M1 Rossi – Lorenzo Bisa Dideteksi Di Indianapolis, Sirkuitnya SSG..!

 

ManiakMotor – Tiga seri berturut sejak Sachsenring (Jerman), Laguna Seca sampai minggu depan di Indianapolis Amrik, menggunakan sirkuit anticlock wize. Arah sirkuit berlawanan jarum jam. Bukan hanya banyak menikung kiri, namun antar tikungan berdekatan, penggunaan gigi rendahnya banyak di sirkuit yang digunakan untuk ronde 10 MotoGP 2013 pada 18 Agustus mendatang tersebut.

Hitung saja panjang sirkuit Indianapolis cuma 4.216 meter tapi ada 16 tikungan di sana. Sebagian panjangnya pun telah dikorting trek lurus yang 872 meter. Jika panjang total dikurangi trek lurus, tinggal 3.344 meter. Panjang ini dibagi lagi jumlah tikungan yang 16, artinya setiap 200 meter berhadapan dengan tikungan.

Pembandingnya Laguna Seca yang juga di Amrik setiap 280 meter menikung. Di Laguna sebagian sirkuitnya menanjak yang juga keuntungan  SSG yang tanpa memutus tenaga. Indianapolis memang  kurang tanjakkan, tapi rapat tikungan, ya podo, milik seamless shift gearbox alias SSG juga.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

“Banyak faktor penentu mengulangi sakses musim lalu, terutama motor yang masih harus ditingkatkan dalam beberapa sektor di Indiana,” papar Dani Pedrosa yang tahun lalu juara di sini. Tahun sebelumnya Casey Stoner (Honda), sebelumnya lagi Jorge Lorenzo (Yamaha) dan 2008 Velentino Rossi (Yamaha). Honda pemenang dua tahun terakhir di saat mereka sudah memasang SSG.

Tikungan Indianapolis selalu mengunci, mati. Motor memang harus pindah ke gigi rendah.  Saat keluar akan beruntun pindah gigi yang jadi santapan SSG selama ini. Di ujung trek lurus adalah tikungan high speed. Tetapi, untuk menuju trek lurus repot dulu pidah-pindah percepatan.

Saking mulusnya percepatan SSG, top speednya bisa lebih dapat. Berbeda jika tikungan terakhir sudah bermain gigi tinggi, yang tanpa SSG bisa melakukan  perlawanan. Lalu di R2, ah pokoknya semua deh.  Pendeknya, kecuali sesi warm-up tahun lalu yang dicuri Yamaha lewat Bens Spies, selebihnya SSG rajanya, eh maksudnya Honda.

Tinggal lihat saja sejak sesi latihan dan kualifikasi, bila M1 bisa di depan, boleh saja curiga telah menggunakan SSG. Boleh kan menduga-duga, lagian belum diumumkan hasil test SSG M1 di Brno. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2013 (Tes Brno): Meningkat 143% M1 Rossi–Lorenzo Pakai SSG, Rekaman Video

MotoGP 2013; Hasil Test SSG M1 Brno; Rossi Penting, Lorenzo Banyak Menguji

MotoGP 2013 Hasil Test SSG M1 Brno; Kata Rossi Sangat Tegang Sekali..!

MotoGP 2013: Daftar Kontrak Pembalap Premier Class 2014

 

BAGIKAN