nhk

MotoGP 2013 Strategi Paruh Musim; Antara SSG Rossi-Lorenzo Dan Stoner..!

 

ManiakMotor – Casey Stoner dan seamless shift gearbox (SSG) pada M1 Velentino Rosssi dan Jorge Lorenzo adalah cerita berbeda? Tetapi masih satu simpul untuk meramaikan MotoGP paruh musim tahun ini. Para pendukung Stoner memanasinya agar kembali naik kuda besi prototipe. Pendukung Yamaha mengompori agar barang yang namanya SSG itu segera dirakit dan dipakai tahun ini. 

Bisa jadi satu kesatuan bila dikait-kaitkan saat pengumuman SSG diluncurkan jelang seri 9 MotoGP di Laguna Seca. Selang tiga hari kemudian Stoner juga dikumandangkan ikut testing. Keduanya pun melakukannya  bersamaan 6 – 7 Agustus 2013. SSG di Brno, Ceko dan Stoner di Motegi, Jepang.   

Tadinya Stoner diprediksi untuk membendung jika SSG sakses ditest pada Brno. Stoner ditugaskan melengkapi ‘negetif’-nya RCV 2014 yang diprediksi diriset untuk melawan di sirkuit cepat sebagai kelebihan Yamaha. Itu  saking sibuknya pembalap utama Repsol Honda Team. Tetapi cerita berkembang ke mana-mana dari soal Mic Doohan dan Wayney Gardner mendukung sampai promotor Oztrali ingin ia memainkan motornya dengan gayanya gelantungan yang ada duplikatnya pada Marquez.

Kalau sudah begitu, cerita SSG sudah berdiri sendiri, Stoner juga sendiri. Stoner murni mengincar wild card saat balapan sampai di negaranya. Sedang test privat yang akan dilakukan Rossi dan Lorenzo murni ‘dilepas’ Honda. Kira-kiranya memberi kesampatan pada Yamaha untuk menciptakan teknologi itu sendiri. 

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Apa iya begitu? Masak sih Honda melepas testing SSG? Sebab kemenangan telak Honda dari 9 seri lalu justru di sirkuit yang butuh dorongan SSG. Perhatikan omongan Shuhei Nakamoto. “Walau Honda separuh musim ini memimpin klasemen dan konstruktor, tapi selisihnya kecil. Kami masih harus bekerja ekstra keras ke 9 seri ke depan,” jelas Nakamoto yang wakil direktur HRC itu.

Juga ada hubungan dengan pengumuman Lin Jarvis, bos Yamaha Factory Racing (YFR) bahwa SSG lebih siap tahun depan, juga strategi. Tafsirannya agar musuh tak perlu waspada. Apalagi ditekankan di situ masih uji safety terhadap konstruksi dan material SSG. “Tunggu hasil test latihan kepastian SSG,” jelas Jarvis.

Tuh kan. Asal diingat saja, YFR masih ada satu mesin dari jatah lima mesin yang belum dirakit tahun ini. Dia punya peluang untuk diisi teknologi girboks canggih yang bikin setiap perubahan rasio, tanpa memutus tenaga. Di sisi lain Honda saat ini diperkirakan masih ada tiga mesin yang belum dirakit. Mesin-mesin ini jadi kunci strategi pada perbedaan karakter Honda dan Yamaha dalam 9 seri lalu.

Dugaannya  Stoner dan SSG masih ada hubungan. Itu dugaan. Stoner di sisi pendukungnya diterima masuk lagi ke MotoGP, tapi di sisi Honda ‘dimanfaatkan’ menangkis SSG jika sakses dalam ujicobanya. Maklum, Stoner bagian dari pengembangan motor yang RC213V yang dipakai Marquez dan Pedrosa sekarang.

Singkatnya makin asyik ditunggu. Strategi melibatkan para juara dunia. Rossi juara 7 kali MotoGP, Lorenzo dua kali dan Stoner juga dua kali. Ito  

BACA JUGA

MotoGP 2013: Songsong GP Indianapolis, Pedrosa Kesampingkan Rossi

MotoGP 2013: Rossi Punya Trik, Marquez Siap Nyontek

MotoGP 2013: Gardner pun Yakin Stoner Bakal Tempur Lagi

MotoGP 2013; Kata Ducati Hayden ‘Sodara’, Tapi Tetap Diganti

MotoGP 2013 Strategi Paruh Musim; M1 Kejar Trek Pendek, RC213V Uber Trek Panjang


BAGIKAN