nhk

MotoGP 2013: Suzuki Super Sibuk di Motegi, Hadir Pula Bos Rossi

ManiakMotor – Tes khusus Suzuki menyongsong musim balap MotoGP 2014 digelar di Sirkuit Motegi, Jepang. Kali ini lebih komplit dan makin serius.

Tes tak lagi hanya dilakukan tester Jepang seperti selama ini, tapi mulai dijajal tester resmi Randy De Puniet yang juga rider regular tim CRT Aspar Aprilia di MotoGP 2013. Yang istimewa, ikut hadir dan sibuk adalah Davide Brivio, mantan bos Yamaha Factory Racing yang sampai sekarang dekat dan menangani bisnis merchandise Valentino Rossi. Seperti sudah disinggung portal ini, Brivio digadang-gadang memimpin kembalinya Suzuki ke MotoGP musim 2014. Selain De Puniet, isu juga beredar kalau Cal Crutchlow (Monster Yamaha Tec3) tengah dibidik jadi pembalap utama.

Suzuki 1000 cc prototype yang digeber De Puniet sepintas sama saja dengan model yang sebelumnya diuji mantan pembalap MotoGP Nobuatsu Aoki. Namun, berdasarkan lap time De Puniet sepertinya sudah ada pengembangan lebih lanjut dari versi sebelumnya. Best lap Puniet 1 menit 47,000 detik dan lebih cepat dari tester Jepang. Sayangnya, belum dirilis spek lengkap pacuan baru itu.

De Puniet sendiri tak banyak bercerita seputar teknis pacuannya selain bilang bagus…bagus…bagus dan punya potensi untuk dikembangkan lebih cepat lagi. Memang nggak mungkin dia bilang jelek… jelek… jelek… bisa diganti dia sebagai calon pembalap inti Suzuki 2014.

“Ini kesempatan pertama memacu Suzuki prototype 2014. Sangat menyenangkan dan penuh tantangan,” katanya yang dapat izin khusus bos Aspar Aprilia Jorge Martinez untuk libur dan menguji Suzuki di Jepang.

Begitu pun Brivio yang biasanya rajin umbar cerita. Ia tak banyak komentar soal posisi barunya di Suzuki dan kemungkinan rekrutmen pembalapnya. Yang jelas, ia tengah mempersiapkan markas tim Suzuki di Italia bersama Tom O’Kane yang diplot jadi komandan divisi teknik. O’Kane adalah mantan teknisi Suzuki saat Chris Vermeulen jadi pembalapnya. Ia juga ikut dalam Roberts Team saat Kenny Roberts Jr menggeber Suzuki di MotoGP.

Tes selanjutnya makin serius. Suzuki akan ikut bergabung dengan tim-tim  MotoGP usai GP Catalunya di Sirkuit Barcelona, Juni mendatang. Nah, saat itulah baru bisa dikomparasi kemapuhan Suzuki dibandingkan tim macam Honda, Yamaha, Ducati, tim satelit, bahkan tim-tim CRT. Akan berada di posisi mana Suzuki?

Tunggu beberapa saat lagi. Yang jelas, pasti tidak akan mengikuti hasil buruk Suzuki di IndoPrix yang barusan berlangsung. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013 Jelang Mugello: Yamaha Tetap Sasis Baru, Atau Bikin Lagi..?

MotoGP 2013 Jelang Mugello: Target Rossi Hanya Kalahkan Lorenzo

MotoGP 2013: Gairah Pedrosa, Percuma Kalau Tak Juara

MotoGP 2013: 5 Atau 12 Mesin Untuk Suzuki 2014?

 

 

BAGIKAN