nhk

MotoGP 2013 Tes Austin; Kepulangan Duluan Rossi Dan Lorenzo, Tanda Tanya Besar..?

 


ManiakMotor – Latihan hari ketiga, 14 Maret 2013 di sirkuit Austin, Amerika tanpa dihadiri Yamaha Factory Racing (YFR), karena mereka sudah pamit duluan. Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi ‘merasa cukup’ waktu dua hari untuk memperbaiki yang kurang di Austin. Ya, kira-kira diteruskan juga percuma, tetap kalah akselerasi dari Honda di tikungan tusuk konde alias hairpin. Lebih baik buru-buru  untuk meracik ulang kelemahan di Austin.

Bukan sifat YFR menyerah duluan. Bukan model mereka pula untuk tidak segera memperbaiki kekurangan saat itu juga sesuai tuntutan Lorenzo dan Rossi. Masak sih, tim sekaliber YFR tidak siap dengan settingan datang ke Austin sebagai sirkuit baru. Data kan bisa disimulasi dari mana saja, termasuk rekan-rekan mereka yang tahu betul soal Austin. Sebab, sejak awal test Austin yang berlangsung 12 – 14 Maret 2013 tersebut, sebenarnya hanya milik Honda. Belakangan YFR ikut mendaftar dan patungan membayar sirkuit.

Coba baca  alasan petinggi Yamaha yang terdengar dikarang-karang. Misalnya, mereka tiba-tiba harus mempersingkat sesi latihan. Katanya, bagi YFR sudah cukup mengumpulkan data dalam dua hari untuk menganalisa kelemahan mereka di sirkuit asal ayamg goreng ala Amerika, texas fried chicken tersebut. “Bila tim sudah mendapatkan apa yang diinginkan, tak perlu lagi ikuti tes hari terakhir Kamis (14/3),” kata Massimo Meregalli, Direktur Tim YFR.

Ironisnya, posisi saat itu, duo joki Repsol Honda Team mengkecundangi Lorenzo dan Rossi. Lorenzo ditekuk Marc Marquez dengan selisih waktu 0,493 detik dan berjarak h 0.375 dari Dani Pedrosa yang kedua di hari kedua. Bahkan Rossi yang dijuluki The Doctor itu kalah  dari Stefan Bradl dari tim satelit LCR Honda dalam dua hari latihan. Apalagi diukur dengan latihan hari ketiga yang Marquez bisa mempersingkat setengah detik lagi.  

Kuat dugaan hadirnya YFR di Austin hanya memastikan atau komparasi antara M1 dan RC213V. Tentu juga, sembari mekaniknya mencari data dan pembalap menghapal sirkuit. Tetapi yang paling utama memastikan di sirkuit yang blank tanpa data, M1 kalah di beberapa bagian terutama akselerasi. Bila itu dipastikan di Sepang saat test pertama dan kedua, belum begitu valid karena tim punya data dan pembalapnya memiliki memori hapalan Sepang.

Bisa juga Rossi dan Lorenzo bersatu ngambek, karena sudah merasa kalah teknologi SSG (Seamless Shift Gearbox) yang terbukti mujarab. Halus masuk saat deselerasi di tikungan patah-patah dan tanpa jeda berakselerasi di tikungan pica-pica. Kayaknya nih keduanya menuntut YFR menyetarakan motor mereka dengan RC213V. “M1 terlalu banyak memberi gejala angkat roda depan (wheelie)  keluar dari tikungan hairpin (tusuk konde). Gas tidak boleh besar. Juga sistem pengereman membuat motor terlalu cepat sampai ke mulut tikungan,” alasan Rossi yang lebih terang-terangan mengungkap kekurangan motornya.

Sedang Lorenzo mengemukakan pendapatnya lebih halus. Katanya, dia di hari kedua telah melakukan simulasi sederhana dan rada mendingan dengan kecepatan konsisten, dibanding hari pertama. “Tetapi dengan Honda kami kalah di trek lurus. Sebab, sejak masuk di tikungan balik arah, akselerasi mereka lebih bagus. Itu membuat mereka percaya diri masuk dalam tikungan, hasilnya top speed jadi tinggi. Yang saya lakukan lebih hati-hati, karena menghidari motor terpelintir saat dibuka gasnya,” jelas Lorenzo yang semuanya tertuju pada teknologi SSG yang sifat reduksinya halus dan sambung menyambung macam RC213V.    

Bisa pula di Austin bukan sirkuit untuk memperkuat poin bagi YFR dari 18 laga yang ada di MotoGP. Strateginya, di Qatar harus menang, di Austin cukup jaga posisi. Atau pulang cepat-cepat untuk meracik girboks yang jadi biang kekalahan soal akselerasi yang halus. Yang paling krusial, politik untuk mendesak FIM dan Dorna melarang penggunaan SSG. Ya argumennya hasil test Austin yang dua RC213V dengan muyus beradaptasi????? Miolo

BERITA TERKAIT:

MotoGP 2013 Latihan (Tes) Austin, Marquez Siap Bakar-Bakar, Pedrosa Sudah Pusing Betulan

Hasil Austin Test MotoGP 2013, 12 – 14 Maret 2013

MotoGP 2013 Tes Austin, Yamaha Bakal Pulang Duluan

MotoGP 2013 Tes Austin; Hari Terakhir Latihan,Tetap Marquez..!

MotoGP 2013 Tes Austin; Rossi Dan Lorenzo Akui Lawan, Kalah Akselerasi

MotoGP 2013, Latihan (Tes) Austin: Pesona Marquez Bikin Panas Internal, Pedrosa Terancam


BAGIKAN