nhk

MotoGP 2013 Tes Austin; Rossi Dan Lorenzo Akui Lawan, Kalah Akselerasi

 

ManiakMotor – Setingan suspensi  Yamaha M1 di sirkuit Austin, Texas dianggap Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, cukup membaik di hari kedua 13 Maret 2013. Tetapi, tidak lebih baik dari dua musuhnya Marc Marquez dan Dani Pedrosa yang memacu Honda RC213V milik Repsol Honda Team. Dua pembalap Yamaha Factory Team tersebut, mengaku kalah akselerasi.

Kecepatan mereka dan terutama Lorenzo meningkat dibanding hari pertama berkat set-up suspensi. Kinerja suspensi berhasil digeser ke maksimal dengan frekuensi depan dan belakang yang seimbang. “Fork telah diubah dengan semua setelan. Cukuplah untuk lebih cepat setengah detik. Tapi yang lain masih kurang dan jadi pekerjaan rumah untuk lomba nanti,” ucap Lorenzo yang dikabarkan cuma sampai hari kedua ini melakukan latihan. Lho…

Beda lagi dengan Rossi yang hari pertama lebih banyak memuji sirkuit Austin, hari kedua lebih sering mengakui lawan. Katanya ada tiga tikungan hairpin alias tusuk konde alias balik arah kemampuan M1 kalah akselerasi.  Sebanya, motor di area ini dipaksa menurunkan kecepatan sampai pelan dan tiba-tiba keluar tikungan untuk adu cepat lebih awal (akselerasi). “Nah di situ punya lawan lebih bagus,” jelas Rossi yang dalam dua hari hanya berkutat di urutan kelima, kalah dari pembalap satelit Honda, Stefan Bradl.

Jangan-jangan Rossi datang ke Austin bukan untuk latihan sungguh-sungguh, tapi mengamati kemampuan RC213V. Sebab dengan di sirkuit baru, bisa ketahuan kelebihan dan kekurangan masing-masing. “Dengan akselerasi lebih bagus (RC213V), berarti ada penyebabnya. Perhatikan saja, dua RC213V grip rodanya meyakinkan. Hasilnya akselerasi mereka lebih cepat dan halus,” tambah Rossi sembari menunjuk motor milik Repsol Honda Team andalan Marc Marquez dan Dani Pedrosa.  

Kerena merasa tidak bisa berkembang dan sudah tahu kekuatan lawan, Diirektur Yamaha Team  Massimo Meregalli segera mengumumkan. “Targetnya hanya  untuk membiasakan diri dengan sirkuit. Itu sudah kami dapat dan selanjutnya pengembangan motor ada pada insinyur Jepang,” alasan Meregelli soal latihan Yamaha hanya dua hari di Austin.

Ohhh… ngintip to ceritanya. Ito

BERITA TERKAIT

Hasil Austin Test MotoGP 2013, 12 – 14 Maret 2013

MotoGP 2013, Latihan (Tes) Austin: Pesona Marquez Bikin Panas Internal, Pedrosa Terancam

MotoGP 2013 Tes Austin, Yamaha Bakal Pulang Duluan

MotoGP 2013; Tes Austin, Huhuiii… Marquez Kembali Sentil Seniornya, Rossi Ke-5

MotoGP 2013 Latihan Austin (Test), Pedrosa Cerita Setting Rasio

MotoGP 2013 Latihan Austin (Test); Rossi Kagumi Fasilitas Sirkuit, Kalah 2 Detik Dari Marquez

BAGIKAN