nhk

MotoGP 2013 Tes Austin, Texas (Latihan), Hari Pertama Marquez Kalahkan Kakak-Kakaknya

 

ManiakMotor – Ada 20 tikungan, 11 ke kiri dan 9 ke kanan yang mesti segera dihapal titik-titik masuk dan keluarnya di sirkuit Austin, Texas, Amrik. Banyak juga tikungan mati di sana. Bahkan ada tiga ‘U’ turn. Sirkuit macam ini harus melakukan rem yang deras. Daya ingat patokan pengereman harus kuat dan konsisten. Ditambah akselerasi motor yang kuat karena sifat trek adalah stop and go. Kira-kira begitu melihat speksifikasi sirkuit Austin yang terpanjang ke-3 atau 5,513 meter dipakai MotoGP tapi paling banyak tikungan.

Dan yang mampu melakukan itu di hari pertama 12 Maret 2013 latihan pribadi Yamaha dan Honda, rookie MotoGP 2013, Marc Marquez. Dia segera menghapal dan mengingat sudut-sudut sirkuit, agar lebih cepat dari kakak-kakaknya. Bayangkan, dengan gaya bergelantungan di RC213V, ia bisa lebih kilat setengah detik dari rekan setimnya Dani Pedrosa (Repsol Honda Team). Juga lebih cepat 2 detik dari Valentino Rossi yang hanya ke-5. Waduh, ada apa Ross…?

“Saya rasa bukan hanya titik pengereman yang keras, tetapi disambut dengan gerakkan badan yang harus lincah pada sektor pertama. Di situ racing line harus pas semuanya karena saling berurutan,” kata Marquez saat berbicara istirahat makan siang di hari pertama latihan. Siang di sana malam di sini brosist, ya kita di Indonesia sedang asyik ngiler.

Seperti dikatakan Valentino Rossi pada diri Marquez, seolah-olah dia sudah berada di dalam balapan benaran dan ingin menang. Sama juga dengan yang dilakukannya di tes pertama di Sepang dan sekarang berada di Austin. Apa pun itu, tanda RC213V sebenarnya lebih mudah dibawa beradaptasi. Buktinya ‘anak baru’ macam Marquez bisa segera di depan di hari pertama, di mana semua pembalap buta akan sirkuit. Fakta kedua, dia disusul Pedrosa tadi. Selanjutnya silakan lihat urutannya di bawah itu.

Dalam test pribadi ini ada 7 pembalap yang mencoba sirkuit. Dua lainnya pembalap tuan rumah yang tergabung dalam CRT. Namanya tuan rumah berarti dekat dengan sirkuit. Mereka ke sana naik truk saja sampai. Kalau CRT yang ada di Eropa akan pikir-pikir datang ke sirkuit koboi itu. Ito    

BERITA TERKAIT:

MotoGP 2013 Latihan Austin (Test), Pedrosa Cerita Setting Rasio

MotoGP 2013 Latihan Austin (Test); Rossi Kagumi Fasilitas Sirkuit, Kalah 2 Detik Dari Marquez

MotoGP 2013: Masuk Austin, Kok Rossi Rada Ragu..?

MotoGP 2013: Giliran Dovi Bicara, Penyakit Ducati Masih Understeer

MotoGP 2013: Tes Austin, Duit dan Pertimbangan Teknis di Belakang Ducati

MotoGP 2014: Akankah Kawasaki Kembali?

 

HASIL HARI PERTAMA

1. Marc Márquez – Repsol Honda Team – 55 laps – 2’04.619

2. Dani Pedrosa – Repsol Honda Team – 59 laps – 2’05.047

3. Jorge Lorenzo – Yamaha Factory Racing – 54 laps – 2’05.291

4. Stefan Bradl – LCR Honda MotoGP – 50 laps – 2’06.053

5. Valentino Rossi – Yamaha Factory Racing – 68 laps – 2’06.507

6. Blake Young – Attack Performance – 27 laps – 2’15.102 – (CRT class)

7. Michael Barnes – GPTech – No time registered – (CRT class)

BAGIKAN