nhk

MotoGP 2013 Tes Austin, Yamaha Bakal Pulang Duluan

ManiakMotor – Hari pertama, Selasa, 13 Maret 2013 dari 3 hari jadwal tes Austin dilakoni Yamaha Factory Team dengan kekalahan telak dari ‘anak singkong’ Marc Marquez (Repsol Honda). Padahal, semua rider datang dengan pengetahuan kosong seputar karakter sirkuit. Dengan data yang blank sebenarnya penentuan motor dan pembalap yang cepat beradaptasi. Apalagi dua pembalapnya Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo mengakui sirkuit Austin adalah lintasan yang punya kombinasi yang komplit.

Sayang, bisa jadi keduanya hanya ikut sampai hari kedua. Hari ketiga mereka cabut duluan, jalan-jalan sebentar di Amrik, kemudian pulang dan siap-siap ke tes resmi di Sirkuit Jerez, Spanyol, 23-25 Maret.

Kepulangan lebih awal itu baru sebuah kemungkinan seperti dituturkan Direktur Tim YFR Massimo Meregalli. Jelas sekali Masbro, itu bukan karena ngambek dikalahkan Marquez dan bukan pula karena tak cocok dengan udara dan makanan Amrik.

“Bila kami sudah mendapatkan apa yang diinginkan, tak perlu lagi ikuti tes hari terakhir pada Kamis (14/3),” kata Meregalli seusai Lorenzo dan Rossi ditekuk Marquez dengan selisih waktu 0,673 dan 1,888 detik. Ironisnya, Rossi yang masih dijuluki The Doctor itu kalah 0,4 detik dari Stefan Bradl dari tim satelit LCR Honda.

Mari mempertegas pernyataan Maregalli itu. Yang terpenting buat YFR ikut tes Austin adalah memberikan kesempatan Lorenzo dan Rossi mendalami karakter trek baru itu. Tujuan lanjutannya sesegera mungkin memberikan masukan buat setting semua komponen berkaitan dengan tipikal sirkuit Austin.

“Suatu keputusan yang sangat tepat mengirim tim ke sini untuk memberikan mereka pengalaman di lintasan baru ini. Kami sudah punya dasar set-up dari Sepang, dan hanya perlu memodifikasinya untuk diselaraskan dengan Austin. Bila mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan sampai besok malam (Rabu, 13/3), kami merasa tak perlu ikut sesi Kamis,” tambah Meregalli yang menyamakan dengan Sepang. Padahal Austin dan Sepang hanya mirip pada R1-nya. Itu kalau nggak keliru, sih.

Begitu rupanya Masbro, Yamaha tak merasa perlu beruji waktu tercepat dengan rivalnya dari Honda. Pantas Rossi dan Lorenzo tenang-tenang dan hahahihi saja tanpa sedikit pun keluhan. Wah, jadi kurang seru nih nggak ada duel head to head. Ikutan pulang ahhhh! Andro

Berita Terkait

Hasil Austin Test MotoGP 2013, 12 – 14 Maret 2013

MotoGP 2013 Latihan Austin (Test), Pedrosa Cerita Setting Rasio

Hasil Austin Test MotoGP 2013, 12 – 14 Maret 2013

MotoGP 2013 Latihan Austin (Test); Rossi Kagumi Fasilitas Sirkuit, Kalah 2 Detik Dari Marquez

MotoGP 2013 Latihan Texas (Test), Hari Pertama Marquez Kalahkan Kakak-Kakaknya

MotoGP 2013: Masuk Austin, Kok Rossi Rada Ragu..?

BAGIKAN