nhk

MotoGP 2013 (Tes Brno): Meningkat 143% M1 Rossi–Lorenzo Pakai SSG, Rekaman Video

 

 

ManiakMotor – Tes pribadi Yamaha di Brno memang sangat tertutup. Tak ada media yang diundang. Segitu rahasianya sampai media resmi macam MotoGP.com saja tak bisa meliput. Tapi, namanya rahasia, tetap ada celah buat dibongkar. Termasuk cerita di bawah ini yang didapat maniakmotor.com dari sumber yang sangat kompeten.

Pertanyaan terbesar dalam tes itu adalah apakah Yamaha sudah mengusung SSG di M1 milik Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo atau belum? Jawabannya adalah iya. Itu jawaban bukan resmi dari Yamaha, bukan pula dari ocehan Rossi dan Lorenzo. Tapi, berdasarkan analisa teknis semata berdasarkan suara kenalpot M1 di sepanjang tes Brno.

Betul, akses wartawan benar-benar ditutup dalam tes. Tapi, seperti biasa, para awak media ini punya banyak akal membongkar apa yang ingin diketahui publik. Kebetulan Bang Pavel yang sohibnya Rossi itu diam-diam merekam aksi Rossi dengan kamera videonya dengan suara yang sangat jernih.

Sekadar tambaan,  Pavel ini adalah orang yang mengelola fan site milik Rossi. Nah silakan klik ini lengkap; http://www.rossi-yamaha.cz/. Dari penggalan-penggalan video inilah lahir kesimpulan bahwa SSG kini sudah benar-benar dicangkokkan ke jeroan M1. Indikatornya adalah semakin tenangnya M1 saat berakselerasi, dengan dentuman kenalpot yang teratur, suara pergeseraran persneling tanpa menurunkan suara dan keluar tikungan badan Rossi dan Lorenzo tidak tersentak entak seperti biasanya, alussss.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Jika sebelumnya M1 tanpa SSG memerlukan waktu jeda 0,038 detik di setiap perpindahan gigi, kini dengan SSG hanya memerlukan waktu rata-rata 0,016 atau 16 per seribu detik. Itu angka rata-rata yang diambil dari 8 contoh rekaman yang berkisar 0,014 sampai 0,017 detik perpindahan gigi. Itu berarti peningkatna 143% dari kondisi sebelum tes. Tapi, jika dibandingkan dengan SSG milik RC213V saat diambil dalam tes Jerez, SSG M1 masih kurang wantap, karena Honda hanya memerlukan waktu jeda 0,009 detik saat pindah gigi.

Ada peningkatan signifikan, namun secara umum belumlah sekuat SSG milik Honda. Tentu masih sangat terbuka potensi pengembangan karena ini barulah tes awal Yamaha untuk SSG-nya.

Tak ada yang tahu karena Yamaha secara resmi tak pernah beri tahu (apalagi komplit dengan tempe dan sambal kecapnya hehehe) apakah SSG M1 akan dipakai dalam 9 ronde sisa musim ini. Pasalnya, sistem ini masih perlu uji kelayakan yang sangat akurat bukan saja dalam pengaruhnya pada kecepataan di trek tapi juga keselamatannya. Pasalnya, dari rekaman video kedua sempat juga terekam bagaimana pacuan The Doctor mengalami kendala.

Suara knalpot motornya sempat berubah sangar dan terkesan downshifting (penurunan gigi), dan saat itu pula pacuannnya meluncur ke luar lintasan. Di atas gravel, mesin masih terdengar hidup namun terlihat sulit upaya The Doctor kembali ke posisi semula. Ia harus menunggu teknisi Yamaha untuk mendorongnya keluar. Momen ini ditengarai sebagai akibat gagalnya fungsi SSG atau miss  alias antar gigi nggak jadi tersambung. Itu bukan miss si nona… Itu mungkin juga yang bikin tegang Rossi seperti statusnya di twitter.

Inti ceritanya jadi begini Masbro, bahwa benar M1 kini sudah pakai SSG. Untuk hasil sementara masih tertinggal dibandingkan SSG versi Honda, namun masih terbuka untuk mengejar karena ini baru tes awal di tangan para pembalap regular. Juga sudah lebih mendingan dari pada tidak sama sekali. Ya kan…

Sebelumnya, teknologi ini hanya diuji para tester di Jepang. Bagaimana kelanjutannya, tunggulah cerita berikutnya. Siapa tahu usai tulisan ini beredar ada rilis resmi dari YFR dengan omongan Om Lin Jarvis taupun komentar Rossi dan Lorenzo. So, tunggu saja ya. Biarpun sama-sama sibuk mudik, awak portal ini selalu siap kirim info terbaru buat sampeyan. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2013 Hasil Test SSG M1 Brno; Kata Rossi Sangat Tegang Sekali..!

MotoGP 2013; Hasil Test SSG M1 Brno; Rossi Penting, Lorenzo Banyak Menguji

MotoGP 2013: Daftar Kontrak Pembalap Premier Class 2014

MotoGP 2013 Test SSG M1 Rossi – Lorenzo Brno; Sangat Rahasia Rupanya, Belum Ada Hasil

 

BAGIKAN