nhk

MotoGP 2013 Tes Jerez, Tetap Pada Latihan Di Aspal Basah

 

 

ManiakMotor – Walau hujan di hari pertama, hampir semua pembalap MotoGP melakukan test resmi MotoGP di sirkuit Jerez, Spanyol, 23 Maret 2013. Maklum ini test terakhir menghadapi serial MotoGP 2013. Hujan juga perlu dicoba dan sekaligus setting untuk wet tire dan belajar mengendalikan motor yang goyang-goyang. Bagi yang ogah basah, silakan gigit jari bila tahun ini kebanyakan basah lintasannya.

Para pembalap ini baru keluar  satu jam sesi akan ditutup karena bersamaan dengan waktu Jerez sudah mulai malam. Kalau di Indonesia mulai subuh, penulisnya sudah ngantuk-ngantuk, jadi maafkan saja banyak yang salah ketik. Padahal, ada 6 jam lebih sesi yang disediakan. Inti belajar di sirkuit basah kan mengendarai lebih halus dan tertib, macam tertib berlalulintas, dong. Tidak boleh nafsuan, karena aspal dialas air.

Belum ada keterangan resmi, kenapa pawang hujan di sana tak mampu menahan air di langit ini. EGP deh. Tapi terpampang di live timing, Jorge Lorenzo from Yamaha Factory Racing yang mampu membawa M1-nya dengan halus dan cepat. Kalau dia kasar, mungkin sudah jumpalitan. Lorenzo membukukan 1:47.423 detik atau masih jauh dari best lap Jerez 1’38.189 atas namanya sendiri. Hehe, namanya juga hujan.

Yang jelas catatan yang dicetak Lorenzo di lap 24 dari 39 lap, itu menyingkirkan Pedrosa yang sejak awal tes berada di puncak dengan 1:48.474. Kedua catatan ini membuat Lorenzo dan Pedrosa sebagai yang pertama dan kedua.

Praktek hujan sebenarnya motor yang kurang bertenaga di antara motor MotoGP yang biasanya unggul. Sengaja disebut di antara motor MotoGP, kalau disebut motor doang, bebek juga motor. Sekencang-kencangnya bebek tak bakal menang dengan MotoGP kendati hujan, yang tenaga bebeknya kecil. Buktinya Andre Iannone  dan Michele Pirro yang menunggang Ducati bisa mengalahkan Valentino Rossi dengan M1-nya. Motor bertenaga kecil menjadi lembut power-nya tersalur ke roda sehingga ban dapat grip, sekali lagi di antara motor MotoGP.  

Ngomong-ngomong si Pirro itu bukan orang Jawa, lho. Dia bukan pembalap yang bisa bilang; wani piro? Sekian dulu test hari ini yang aspalnya basah. Ito

BERITA TERKAIT:

Hasil Tes Jerez MotoGP 2013, 23 – 25 Maret 2013

MotoGP 2013 Tes Jerez: Lorenzo Tercepat, Ducati Dapat Angin

MotoGP 2013 Tes Jerez: Latihan Seadanya, Hujan..!

MotoGP 2013 Tes Jerez: Yamaha Masih Tinggalkan Teka-Teki, Girbok Baru Siap di Jerez?

MotoGP 2013; Livery Resmi Yamaha M1 Rossi & Lorenzo, Biru Putih

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353