nhk

MotoGP 2013 Tes Jerez: Yamaha Masih Tinggalkan Teka-Teki, Girbok Baru Siap di Jerez?

 


ManiakMotor – Jorge Lorenzo bicara panjang lebar soal musim 2013 saat peluncuran livery Yamaha Factory Team di Jerez, Spanyol, Jumat (22/3). Gambaran umumnya tak jauh beda dengan prediksi portal ini beberapa hari lewat.  Dominan biru putih dengan warna kuning di nomor start 46 serta merah di nomor 99.

Tapi, itu bukan hal penting brosist. Hanya satu hal yang Lorenzo tak singgung secara tegas, yakni girboks baru idamannya. Dan, sesungguhnya itulah yang terpenting mengingat dominasi Honda dalam serangkaian tes pra musim. Khususnya tes Austin karena Yamaha benar-benar  dibombardir pasukan Honda. Boleh dikata diasapi.

Dalam wawancara panjangnya, Lorenzo bicara soal peluang meraih gelar ketiga musim ini, rivalitasnya dengan Dani Pedrosa, serta ‘sambutannya’ dengan kehadiran kembali Valentino Rossi di Yamaha. Sebagian besar ucapannya telah ditulis portal ini secara sambung-menyambung sejak akhir tahun lalu. Karena itu sama sekali tak menarik bro kalau diulang-ulang, termasuk dengan kemungkinannya ribut lagi dengan Rossi. Makanya belum sempat baca, klik aja di kanal MotoGP.

Satu hal yang digarisbawahi dalam wawancara itu adalah pengakuan Lorenzo tentang YZR-M1 2013. Ia memuji sasis baru yang dipasok Jepang, tapi masih mengeluhkan kinerja mesin. Performa mesin, katanya, jadi satu-satunya masalah yang ia hadapi saat ini, khususnya saat tes bareng Repsol Honda di Sirkuit Austin lalu. “Sasis baru lebih nyaman, masuk tikungan kini lebih mudah. Tapi, saat keluar tikungan dan berakselerasi, kami masih kurang mumpuni. Satu-satunya kelemahan yang harus kami tingkatkan jelang kompetisi adalah mesin,” katanya dalam jumpa pers di Jerez itu.

Ia tak dengan tegas menyebut SSG (Seamless Shift Gearbox) yang sejak tahun lalu ia minta, dan disanggupi Yamaha tapi ternyata belum siap pakai juga. Jika Lorenzo mengeluhkan akselerasi, sangat jelas bahwa yang ia inginkan adalah SSG sebagaimana dipakai Honda dan Ducati.  “Dengan mesin yang sekarang, kami hanya sedikit peningkatan dibandingkan 2012 dan sepertinya akan berat melawan pesaing,” ujar Lorenzo usai tes Sepang tempohari sekaligus menyinggung kerinduannya pada SSG.

“Jangan tanya saya soal SSG, saya sama sekali tak tahu. Para insinyur di Jepang tak wajib memberitahu kami para pembalap seputar hal itu. Jadi, saya tak tahu kapan kami dapat perangkat itu, apakah siap pakai dalam waktu dekat atau mungkin tak kami dapatkan musim ini,” tambahnya pada girboks yang mampu mereduksi percepatan sambung menyambung setiap gigi tersebut.

Rossi pun mengeluhkan soal akselerasi dan menurutnya jika pakai SSG akan lebih baik. Ia sempat menguntit Pedrosa dalam beberapa lap di Sepang dan melihat jelas bagaimana ia bermanuver keluar tikungan dan begitu mulusnya memasuki trek lurus. Dan, Rossi yakin pergerakan muyusss si RC213V tak lain karena kinerja SSG. Nah, di situlah teka-tekinya yang masih ditinggalkan Yamaha brosist menghadapi tes resmi terakhir MotoGP di Sirkuit Jerez, 23-25 Maret. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013; Livery Resmi Yamaha M1 Rossi & Lorenzo, Biru Putih

MotoGP 2013 Tes Austin; Kepulangan Duluan Rossi Dan Lorenzo, Tanda Tanya Besar..?

MotoGP 2013: Lorenzo – Rossi Tunggu-Tunggu Girboks SSG

MotoGP 2013: Di Sepang, Ternyata Rossi-Lorenzo Tanpa Girboks Baru

MotoGP 2013; Jelang Latihan Sepang, Rossi-Lorenzo Sibuk Dengan Girboks

MotoGP 2013: Rossi-Lorenzo Pakai Girboks Baru, Crutchlow Ingin Ikut

MotoGP 2013: Menantang Rossi Dan Pedrosa, Lorenzo Dapat Girboks Baru

BAGIKAN