nhk

MotoGP 2013: Tes Lanjutan di Misano, Honda Siapkan Perubahan Drastis

ManiakMotor – Ketika Yamaha masih sibuk menyusun kekuatan di sisa musim 2013, Honda semakin di depan dengan proyek pacuan prototype 2014. Masukan Casey Stoner di Motegi siap ditindaklanjuti dan jalani tes khusus usai GP Misano, September nanti.

RC213V prototype 2014 pertamakalinya dicoba Dani Pedrosa dan Marc Marquez di Sirkuit Aragon, Juni silam. Namun, seperti sampeyan tahu, pacuan anyar itu belum sepenuhnya mantap di hati dua jagoan tim Repsol Honda itu. Buktinya Pedrosa dan Marquez merasa lebih okeh dengan spek 2013.

Nah, pacuan yang ‘gagal’ di Aragon itu kemudian dijajal Stoner di Motegi dan menurut HRC mendapatkan banyak ide dan masukan berharga dari juara dunia 2007 dan 2011 itu. Sepertinya masukan dari Stoner itulah yang kini dikembangkan ke unit RC213V 2014 dan akan dicoba pada tes Misano nanti.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Akan ada perubahan drastis pada anatomi RC213V karena harus disesuaikan dengan regulasi 2014, khususnya kapasitas tangki bahan bakar dan keharusan tim pabrikan hanya ‘meminum’ jatah 20 liter bahan bakar untuk lomba. Memang beda seliter doang dari jatah tahun ini yang 21, tapi itu sudah membawa perubahan signifikan Masbro.

Maklum, pacuan MotoGP gitu lho! Sedikit saja perubahan akan bawa begitu banyak penyesuaian. “Pokoknya, ini benar-benar pacuan yang berbeda,” tandas bos HRC Shuhei Nakamoto, yang seperti biasanya tak bakal bocorkan detil apa saja yang berbeda itu.

Selain mesin baru untuk menyokong pasokan jatah BBM 20 liter, pastinya Honda akan gunakan frame berbeda untuk 2014. Tak dijelaskan perubahan apa yang terjadi pada sasis ini. Nah, penggunaan sasis beda itu tentu juga ada konsekuensinya dengan distribusi bobot, suspensi, dan sebagainya. Jadi, wajarlah kalau Mas Nakamoto janjikan banyak perubahan.

Takeo Yokoyama, pentolan teknis HRC yang memimpin proyek RC213V 2014 mengamini komentar Nakamoto. Barang baru yang mereka siapkan kini sangat berbeda dengan versi perdana di Aragon.

Seperti apakah itu, nyok kite tunggu rame-rame! Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis; Para King Dorong Marquez Jadi King, Gaya Baru..!

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis Amerika; Ceritanya Crutchlow Sebelum Ducati

MotoGP 2013 Jelang Indianapolis; Dua Wild Card From Amrik

MotoGP 2013 Indianapolis Amerika (Jelang): Jangan Sepelekan Rossi..!

BAGIKAN