nhk

MotoGP 2013 Test Motegi; Suzuki Coba-Coba Doang Dua Sasis

ManiakMotor – Bukan hanya Casey Stoner dengan RC213V-nya yang pusing-pusing di sirkuit Motegi, Jepang, 6 – 7 Agustus. Suzuki dengan joki testing Rendy de Puniet juga coba-coba doang mesin mereka di sana.

Dibilang coba-coba doang karena test tersebut untuk siap-siap 2015. Masih jauh brosist. Puniet gonta-ganti dua sasis untuk dicoba mana yang paling enak di Motegi. Tetapi dua sasis itu malah lebih lambat dari test terdahulu di tempat yang sama. Puniet hanya mencetak 1 menit 48.60 detik. Ya sekadar tahu saja, rekor di Motegi adalah 1 menit 45.589 detik.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Menurut Puniet sebenarnya pengetesan telah diprogram bertahap, namun sayang hari pertama hujan. Hari kedua yang kering ternyata dianggapnya licin. Entah aspalnya yang bermasalah atau memang motornya yang belum ngegrip, namanya juga masih riset. Toh, masih ada waktu 1 tahun lebih untuk memperbaikinya.

“Asli trek licin karena saking panas. Tapi hari kedua ini kami menemukan arah perbaikan pada salah satu sasis tersedia. Masuk tikungan lebih cepat, gesit dan enak. Settingan ini nanti akan dimatangkan di Misano bulan depan,” jelas de Puniet yang bersama test rider Nobuatsu Aoki melakukan uji coba.

Davide Brivio, manajer tim testing Suzuki juag bilang, program latihannya kali ini lumayanlah. Timnya punya kesempatan mencoba set-up dari berbagai kondisi berbeda terhadap maunya motor. “Meskipun kondisi cuaca sulit, teknisi bisa menyimpulkan arah pengembangan ke depan,” jelas Brivio yang dulu jadi petinggi di Yamaha part 1 bersama Valentino Rossi.

Semoga sakses, tapi ngomong-ngomong kenapa nggak tahun depan saja ikutan bro, ketimbang coba-coba doang melulu, lama-lama modal habis tuh. Kan begitu yang bikin Suzuki mundur dari MotoGP 2011. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2013: Tuntaskan Tes Motegi, Stoner Uji Ulang Pacuan Aragon

MotoGP 2013 Test SSG M1 Rossi-Lorenzo Brno; Apa Iya Untuk YZR-M1 2014?

MotoGP 2013: Mau SSG atau Tidak, Mulai Indianapolis Lorenzo Kudu Agresif

MotoGP 2013: Jelang Indianapolis; Marquez Tak Peduli SSG Yamaha

 

BAGIKAN