nhk

MotoGP 2013 Test SSG M1 Rossi-Lorenzo Brno; Apa Iya Untuk YZR-M1 2014?

ManiakMotor – Karena foto dan hasil test SSG M1 hari pertama pada 6 Agustus di Brno, Ceko, belum muncul juga, ya ulas yang berhubungan saja, dah. Apa betul Yamaha hanya mengetes SSG yang dipasang pada YZR-M1 untuk 2014?

Bahwa, mana mungkin tanpa ada jadwal test, Yamaha Factory Racing (YFR) tiba-tiba bikin ujicoba sendiri, kolo tidak ada yang mendesak. “Kami mengetes girboks baru, terutama safety mekanismenya,” kata Lin Jarvis, direktur YFR saat mengumumkan SSG jelang MotoGP Amerika, beberapa waktu lalu.

Itu langsung dijawab Honda dengan testing mereka di Motegi, walau hanya Casey Stoner yang dikirim. Sosok Stoner tanpa ada hubungan persaingan 2013, tetapi ada maknanya. Di sisi lain Marc Marquez dan Dani Pedrosa sedang melupakan yang namanya persaingan balap motor alias istirahat. Keduanya saat ini sedang bercengkrama dengan keluarga mereka layaknya anak muda biasa. Supaya kembali ke Indianapolis, Amerika, 18 Agustus 2013 segar bugar.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Ada kalimat yang tersamar dari Jarvis, bahwa SSG yang mereka uji lebih ke depan atau 2014. Tetapi disusul kalimat,  lihat hasil test di Brno. Nah itu yang dijadi pertanyaan di sela-sela seharusnya Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo istirahat seperti teman sekaligus musuh mereka dari Repsol Honda Team, tapi disibukkan dengan testing.  Mungkin saja keduanya juga ‘suka rela’. Kan demi kepentingan dia-dia juga, untuk bikin M1 mulus reduksinya dan otomatis nyaman.

Nih paling krusial, posisi kedua pembalap YFR saat ini di klasemen belum terlalu kinclong. Lorenzo hanya ke-3 yang tertinggal 26 angka dari Marquez, itu sama saja ketinggalan 1 seri dengan 25 poin juara pertama per seri, bro. Sedang dari Pedrosa terpaut 10 poin. Apalagi Rossi sudah agak jauh dan silakan lihat di Klasemen MotoGP 2013, boleh di portal ini dan nggak dilarang ke MotoGP.Com, bebas.

Selisih poin yang menjauh ini harus dikejar dengan teknologi yang sama. Paling tidak, Lorenzo dan Rossi bisa mencuri angka  di sirkuit yang tipikalnya banyak terjadi perubahan gigi dari rendah ke tinggi. SSG walau sepatu (drum) pengungkit rasio bergeser-geser tapi tak perlu menunda tenaga. Simpulnya, SSG ini penting untuk YFR sampai mengganggu istirahat Rossi dan Lorenzo paruh musim, sebab kedudukan saat ini terdesak. Ito  

BACA JUGA

MotoGP 2013: Stoner Sudah Coba Motornya Di Motegi, Belum Ada Hasil

MotoGP 2013 Tes SSG M1 Rossi-Lorenzo Brno; Marquez Hanya Takut SSG Pedrosa

MotoGP 2013 Test SSG M1 Brno; Rossi Paling Diuntungkan

MotoGP 2013 (Jelang Tes Brno & Motegi): Hmm, Yamaha ‘Siapkan Mata-Mata’ di Sekitar Stoner

MotoGP 2013: Spies Bisa Ditepis, Redding Berancang-Ancang

 

BAGIKAN