nhk

MotoGP 2013 Test SSG M1 Rossi – Lorenzo Brno; Sangat Rahasia Rupanya, Belum Ada Hasil

ManiakMotor – Sampai saat ini belum ada berita apa-apa mengenai hasil test SSG M1 di sirkuit Brno, Ceko. Jangankan cerita, foto saja nihil. Paling tidak sampai berita ini diketik yang sudah 8 Agustus 2013, eiit, Selamat Idul Fitri dulu deh, mohon maaf lahir batin, dimaafkan saja bila ada cerita dari kalimat yang sering ngaco. Lanjut, padahal testing SSG M1 berlangsung 6 – 7 Agustus.

Untuk sementara katakan saja, test seamless shif gearbox alias SSG versi Yamaha itu sangat rahasia. Hasilnya oke atau tidak, cukup hanya mereka yang tahu, kita-kita tempe doang, apalagi saya, hehe. Mungkin  itu saking krusialnya teknologi SSG. Bisa saja di balik itu adalah strategi. Musuh disuruh menduga-duga saja sudah dipakai atau belum? Lihat saja hasilnya di sirkuit.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Maklumlah test SSG Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo tersebut di saat keduanya semestinya rehat paruh musim, tapi harus berpikir memberi masukkan hasil test. Ini barang penentu 9 seri ke depan yang saat ini Lorenzo dan Rossi dalam posisi mengejar poin. “Belum ada hasilnya,” katanya. Nggak kata siapa-siapa bro, karena nggak ada yang ngatain.

Berbeda dengan testing Casey Stoner di sirkuit Motegi pada waktu bersamaan yang diceritakan dengan benderang oleh Repsol Honda Team, kendati tidak dicantumkan catatan waktu. Kan catatan sebagai tolok ukur bagi yang mengerti kecepatan seperti sampeyan. Semua yang berkepentingan dengan hasil test ikut komen dari pihak HRC.    

Dikatakan sebelumnya oleh Yamaha Factory Racing (YFR) ujicoba di Brno fokus pada kinerja dan safety SSG. Tetapi untuk kinerja rasanya SSG yang akan dipasang pada M1 nggak jauh-jauh beda mekanismenya SSG RC213V. Fungsinya tanpa memutus tenaga sensor pengapian, walau terjadi perpindahan gigi. Teknologi ini semata mekanisme susunan gigi rasio yang akan tersambung dan sambut gigi berikutnya tanpa ada gigi yang berhenti berputar.

YFR mungkin masih ragu pada risiko atau keamanan dari konstruksi dan meterialnya. Maklum, pertama kali menggunakannya. Semoga saja saat berita ini ter-up-date, juga keluar hasil test SSG M1 bersama keterangannya. Minal aidin… Ito

BACA JUGA

MotoGP 2013 Test SSG M1 Rossi-Lorenzo Brno; Apa Iya Untuk YZR-M1 2014?

MotoGP 2013 Test Motegi; Suzuki Coba-Coba Doang Dua Sasis

MotoGP 2013: Tuntaskan Tes Motegi, Stoner Uji Ulang Pacuan Aragon

MotoGP 2013; Tunggu Rossi Bilang ‘Wantap..!, Hasil Test SSG M1 Brno

 

BAGIKAN