nhk

MotoGP 2013 Test Valencia: Kejutan Duo Tech3, Calon Lawan Marquez Berikutnya

 

 

ManiakMotor – Tim Monster Yamaha Tech3 bisa dibilang bintangnya hari terakhir tes Valencia, Rabu (12/12). Bradley Smith bia menempel Marc Marquez dengan selisih 0,311 detik saja. Joki baru alumnus Moto2, Pol Espargaro, sebelumnya yang menempel duet Repsol Honda Team, tapi di akhir sesi akhirnya terganjal di peringkat 6. 

Khusus Pol mungkin ada masalah. Disebut mungkin, lantaran ia hanya menghabiskan 28 lap. Sedang catatan terbaiknya didapat di lap 12 dengan 1 menit 31.533 detik. Habis itu ia tak kelihatan keluar dari pit. Padahal, catatan terbaik itu dicetaknya siang. Ya, bandingkan saja dengan seluruh kontestan yang menghabiskan 50 sampai 70 lap. Atau bisa jadi ia sudah istirahat duluan. 

Smith dan Pol adalah mantan-mantan jagoan Moto2 sebagaimana Marquez. Pol yang juara dunia 2013 justru musuh bebuyutan Marquez sepanjang musim 2012. Sayangnya, Pol tak langsung naik ke tim pabrikan Yamaha sebagaimana Marquez di Repsol Honda. Ia harus mampir di tim satelit karena pabrikan masih terikat Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi sampai akhir 2014. 

Tapi, yang diperlihatkan dua anak muda yang juga agresif itu, setidaknya ada potensi mereka memasuki musim 2014. Paket Yamaha YZR-M1 dengan sasis dan aerodinamika baru berupa perubahan model tangki bahan bakar membuat Smith jauh lebih nyaman yang hasilnya cepat. “Luar biasa bisa sedekat itu dengan Marc. Laju motor balance di semua area. Ini positif menyambut musim depan,” ujar Smith yang mencetak 1:30.598 atau hanya beda tipis dengan M1 pabrikan yang dicetak Lorenzo saat Q2 di Valencia. 

Belum ada bocoran apakah paket M1-nya maupun buat Pol setara  versi pabrikan atau tidak. Isunya sih Yamaha akan menyuplai mereka dengan paket khusus sebagai langkah persiapan melawan Marquez musim 2015. Khususnya buat Pol yang berambisi bikin perhitungan dengan bebuyutannya itu.

Pol memang cemerlang di penampilan awal dalam tes Valencia. Pproses adaptasinya cepat pada M1,  secepat Marquez pertama kali pegang RC213V. “Berjalan lebih dari harapan. Target utamanya pengenalan pada semua aspek M1. Saya pelajari banyak perilaku motor jika disetting dengan berbagai macam varian. Rasanya terlalu lama menunggu jadwal tes berikutnya di Sepang pada Februari nanti. Saya sudah tak sabar ke sirkuit berbeda,” ujar Pol di hari pertamanya latihan. 

Tapi, hadirnya Pol juga membuat rivalitas di Tech3 meningkat. Smith mengakui ia termotivasi  penampilan Pol dan jelas tak ingin dikalahkan rekan setim barunya itu. “Sepertinya kami akan bersaing keras musim depan. Itu positif buat Yamaha maupun Tech3,” ujar Smith. 

Jangan lupa, juga positif buat penonton Bro! Tech3 juga punya banyak fans dan persaingan dalam satu tim akan selalu menarik meskipun hanya di tim satelit. Apalagi jika Tech3 benar-benar dipasok M1 kualitas pabrikan, bakal lebih sedaplah! Sekalian saja bersaing dengan Lorenzo dan Rossi, dan selanjutnya menuju Marquez, hehehe! Andro

BACA JUGA

Hasil Test Valencia MotoGP, 11 – 13 November 2013

MotoGP 2014 Test Valencia: Marquez Masih Berjaya, Pedrosa Kembali Terancam

MotoGP 2014 Test Valencia: FTR Yamaha Baru Sebiji, Edwards dan Aleix Bergantian

MotoGP Test Valencia: Honda Luncurkan Dua Model, Hari Ini Fokus 2014

MotoGP 2014 Test Valencia: Rossi Masih Bahas Pengereman, Lorenzo Tunggu Sepang

 

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353