nhk

MotoGP 2013; Tunggu Rossi Bilang ‘Wantap..!, Hasil Test SSG M1 Brno

 

 

ManiakMototr – Jika test hari pertama Valentino Rossi sudah bilang wantap, kemungkinan besar itu barang sudah digunakan tahun ini. Ya itu seamless shift gerbox (SSG) yang akan diuji 6 – 7 Agustus 2013 di sirkuit Brno, Ceko. Itu kalau diumumkan komentar para pembalap Yamaha Factory Racing (YFR) tersebut. Maklum ini test privat. 

Wantap ituucapan Rossi dengat logat Italia yang sebenarnya bilang mantap dalam bahasa Indonesia. Itu pernah diucapkan ketika memuji Jupiter Z1 Racing di Indonesia. Rossi selalu terus terang ketimbang divisi YFR mengungkap sesuatu yang harus diplomatis. Kolo Rossi, kurang ya kurang, bagus ya bagus. “Motor sekarang meyakinkan sejak saya kembali ke Yamaha. Tak sabar untuk diuji di lomba. Wantap..,” kata Rossifumi alias The Doctor nggak bilang wantap begitu deh.

Kalimat itu yang ia ucapkan saat berhasil menset-up motornya ketika test di Aragon, Spanyol, beberapa waktu yang lalu. Saat itu ia menemukan solusi soal distribusi M1. Faktanya ia juara di sirkuit Assen, Belanda seminggu kemudian. Hanya Rossi yang berbicara teknik soal testing tersebut.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Misalnya ia bilang lengan ayun diganti agak kaku untuk memperbaiki bagian belakang agar lebih ‘diam’. Perpindahan bobot juga berhasil diobati dengan penukaran fork. Tapi ia nggak sebut kapasitas dan kekentalan oli pada suspensi depan tersebut. Apalagi cerita tebal-tipisnya valve sebagai pengatur sirkulasi oli pada fork dan tekanan psi-nya. Hehehe…

Sama saja yang akan terjadi pada ujicoba SSG. Tentu saja komentar dia, enak tidaknya itu barang mengelola girboks M1 sedang ditunggu. Kalau dia bilang perlu perbaikan atau malah menolaknya, pasti itu SSG masih tersendat-sendat dan bla-bla-bla, ya tunggu tahun depan. Ingat Rossi saat latihan di Jerez sempat menolak sasis baru loh.

Tapi kalau sebut wantap… Ya tahun ini SSG sudah bisa dilihat dan dirasakan walau tidak diumumkan. Kira-kira begitu. Tunggu saja komen Rossi pada teknologi toleransi nol (0) saat terjadi perubahan rasio percepatan  itu. Maksudnya, pinion pada girboks terus berputar kendati sepatu pengungkit bekerja mengumpan pada rasio selanjutnya.

Wantap, eh belum. Ito

BACA JUGA  

MotoGP 2013 Hasil Test SSG M1 Brno; Kata Rossi Sangat Tegang Sekali..!

MotoGP 2013 Tes SSG M1 Rossi-Lorenzo Brno; Marquez Hanya Takut SSG Pedrosa

MotoGP 2013 Jelang Tes SSG M1 Rossi-Lorenzo Brno; Harusnya Berhasil Ada Burgess

MotoGP 2013: Espargaro Harus Siap Gantikan Rossi, Pembibitan Yamaha

MotoGP 2013 Jelang Stoner Latihan Motegi; Kenapa Bukan Oztrali?

MotoGP 2013: Mudah Beradaptasi, Bekal Crutchlow di Ducati

MotoGP 2013: Smith Sudah Lega, Tak Mau Tahu Soal Crutchlow

 

BAGIKAN