nhk

MotoGP 2013 Valencia; Burgess Tercengang ‘Dipecat’ Rossi Untuk 2014

ManiakMotor – Jeremy Burgess tercengang oleh pengumuman Valentino Rossi saat jumpa pers wajib menghadapi Valencia, Kamis 7 November. Si ‘Opa’ dari Oztrali ini tidak mengira didepak oleh Rossi untuk musim 2014 sebagai kepala mekanik. Maklumlah, Burgess dan Rossi sudah seperti orang tua dan anak. Ke mana Rossi pergi, Burgess setia mengikuti, berawal dari Honda ke Yamaha, ke Ducati dan balik lagi ke Yamaha.

Spekulasi beredar, Opa Burgess kerap bicara prestasi Rossi yang akan sulit bangkit di usianya sekarang. Tapi itu dibantah Burgess saat bersama Rossi melakukan kompresi pers ulang, Jumat 8 November di Valencia.  “Bagi saya kalimat ‘tidak akan menang lagi’ tak pernah terucap. Tapi kalimatnya begini,  ‘kami tidak akan menang sampai memenangkan balapan dan meraih podium lagi’, saya tidak percaya kalimat itu akan dibayar dengan situasi ini,” jelas Burgess yang bersama Rossi telah memenangi balapan 80 kali  dan 7 gelar juara dunia.

Burgess pun setengah terbata-bata seperti biasanya menerima kabar mendadak yang tak sedap. “Lihatlah (menghela nafas) jelas itu mengejutkan. Ini sama sekali tidak diharapkan. Kemarin sore Valentino mengundang saya ke trailer (motor home), saya berpikir akan berbicara soal bonus Natal 2013,” kata Burgess yang artinya malah berbicara soal pergantian dirinya untuk 2014.

Padahal Burgess telah merencanakan program tahun depan tahap demi tahap yang tergantung hasil. Tapi dengan situasi sekarang, si Opa Jerry – begitu ia disapa- akan pasrah lantaran kontraknya dengan Rossi diperbarui setiap tahun. Artinya tahun berikutnya keputusan itu bebas, dipakai atau tidak.

Perjalanan empat tahun tanpa gelar dengan mengejar harapan demi harapan bukan waktu yang singkat yang biasanya bergelimang bintang. “Dalam periode itu kami belum mendapat prestasi yang membanggakan. Ini sangat sulit dan terus diperbaiki agar Valentino kembali ke puncak prestasinya,” kata Burgess yang menyesalkan ia belum bisa mengantar ke situasi seperti itu terhadap Rossi dan menyatakan belum ada rencana apa-apa ke depan.

Rossi sendiri yang duduk di sampingnya hanya kembali mengulang kalimat sebelumnhya. Bahwa berpisah dengan Burgess adalah keputusannya sendiri. “Saya ingin motivasi dan terobosan baru dan suasana baru untuk ke depan seperti dorongan Jeremy,” jelas Rossi dengan singkat seperti yang dikatakannya pada jumpa pers wajib sebelumnya.

Seperti catatan portal ini, usai Rossi juara dunia 2009, Burgess telah memprediksi prestasi Rossi masih akan bertahan lima tahun, bila perjalanan karirnya baik-baik saja alias nggak cidera berat dan trauma. Di rentang tahun itu Rossi pernah cidera di Mugello dengan patah kaki, lalu terlibat insiden dengan Marco Simoncelli di Sepang. Nah, jangan-jangan juga kalimat itu bagian dari persoalan yang sering diucap Burgess. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Valencia Spanyol 2013, Semua Sesi & Kelas, 8 – 10 November

MotoGP 2013 Valencia Spanyol; Valentino Rossi Umumkan Mengganti Burgess Sebagai Kepala Mekanik

MotoGP 2013 Valencia Spanyol: Pisah Dengan Burgess, Rossi Gandeng Martinez

MotoGP 2013 Valencia Spanyol FP2; Marquez Keluar Tercepat Latihan Bebas, Gas Terus..!

MotoGP 2013 Valencia Spanyol FP1; Latihan Didapat Marquez, Lorenzo Dan Pedrosa

BAGIKAN