nhk

MotoGP 2013 Valencia Jelang FP3: Berpisah Dengan Yamaha, Crutchlow Bisa Bantu Lorenzo?

 

ManiakMotor – Cal Crutchlow (Yamaha Tehc3) melejit di sesi awal GP Valencia. Tercepat keempat di bawah trio Spanyol. Ia pun bidik podium sebagai kado perpisahan sebelum bergabung dengan tim pabrikan Ducati usai lomba di Valencia, Spanyol ini. “Saya sudah sangat dekat dengan anak-anak Spanyol itu. Itu membuatku makin termotivasi untuk hasil istimewa saat balapan, meraih podium sebagai balapan terakhir bersama Tech3,” ujar Cal usai FP2 kemarin.

Ia hanya kalah 0,2 detik dari Marc Marquez yang tampil tercepat sekaligus menggeser Valentino Rossi ke urutan lima. Performa apik Cal serta motivasinya yang tinggi untuk fight berebut podium jelas angin segar buat kubu Yamaha. Peran Cal  dibutuhkan sekiranya Marquez akan bermain safe dalam raceday nanti dalam arti memutuskan cari aman finish 4 besar untuk mengunci gelar dunia.

Jika begitu, maka diperlukan empat pembalap di depan agar Marquez gagal di 4 besar dan tergusur sebagai juara dunia, dengan catatan Jorge Lorenzo sanggup jadi juara di Valencia. Kira-kira ya podium diisi oleh tiga Yamaha, atau dua Yamaha plus Dani Pedrosa, sementara posisi keempat diisi Cal atau Valentino Rossi.

Kedengarannya, eh, membacanya mudah. Tapi hanya itu formasi yang bisa menggugurkan MM masuk 4 besar. Tak mungkin berharap pada rider tim satelit Honda macam Stefan Bradl dan Alvaro Bautista. Keduanya hingga musim depan masih sangat bergantung pada Honda. Itu pun dengan catatan kalau Pedrosa benar-benar ogah bantu MM.

Skenario yang sulit mengingat penampilan MM yang pede habis di sesi latihan Jumat. Tapi, bukan tak mungkin pula terjadi walau prosentase kemungkinannya kecil kalee, hanya 5%.

Tapi, Cal perlu tegaskan, motivasi incar podium hanya untuk meninggalkan kesan manis buat tim Monster Yamaha Tech3, khususnya buat team owner Herve Poncharal. Tak ada kaitan dengan Yamaha dan Lorenzo yang butuh bantuan siapa saja menghadang MM masuk 4 Besar. “Ini seri terakhirku bersama Tech3. Bersama seluruh kru, kami akan berjuang maksimal dengan hasil maksimal di seri ini. Hasil di FP1 dan 2 cukup menjanjikan,” tegas Cal, rider Inggris yang menjadi pembalap satelit terbaik musim ini.

Wah… Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Valencia Spanyol 2013, Semua Sesi & Kelas, 8 – 10 November

MotoGP 2013 Valencia Jelang FP3-FP4: Lorenzo Salahkan Windy, Rossi Setengah Pasrah

MotoGP 2013 Valencia (Jelang FP3): Marquez Puas, Hari Ini Perkaya Setingan

MotoGP 2013 Valencia; Burgess Tercengang ‘Dipecat’ Rossi Untuk 2014

MotoGP 2013 Valencia Spanyol FP2; Marquez Keluar Tercepat Latihan Bebas, Gas Terus..!  

BAGIKAN