nhk

MotoGP 2013 Valencia Jelang FP3-FP4: Lorenzo Salahkan Windy, Rossi Setengah Pasrah

 

ManiakMotor – Dituntut harus menang agar juara dunia (jurdun) masih bisa di tangan, jurdun bertahan Jorge Lorenzo justru tertahan di FP1 dan 2. Dengan enteng, beliau pun salahkan windy.

Siapa tuh? Bukan siapa-siapa, karena maksudnya windy itu adalah angin. Embusan angin di sirkuit Ricardo Tomo Valencia, Jumat, 8 Novemer 2013  memang jadi hambatan buat JL meski yang lain oke-oke saja. Karena itu fairing M1-nya pun dibolong-bolongi lagi seperti di Philip Island, ya untuk melancarkan sirkulasi udara terhadap terpaan langsung ke fairing.  

Tapi, JL tetap termotivasi. Jauh dari kesan kesal karena kesempatan masih panjang pada sesi hari Sabtu (9/11). “Kami sedikit memodifikasi elektronik dan suspensi. Waktu tempuhnya sangat dekat dengan lawan. Di FP3 dan 4 tentu kami akan coba meningkatkan kecepatan, dengan melanjutkan setingan sesuai perkembangan grip pada trek,” papar JL yang pastinya bertekad meraih pole position di Valencia sebagai modal pertama untuk balapan nanti.

Yoi coy, pole memang penting di Valencia karena sangat sulit menemukan celah menyalib dalam trek sepanjang 4,005 km itu. Lebar lintasannya hanya 12 meter dengan 14 tikungan, 5 kanan dan 9 kiri. Straight line-nya pun cuma 0,8 km dan sepanjang sejarah musim ini tak ada istilah M1 bisa nyalib RC213V di trek lurus. Karena itu, JL harus perkuat M1-nya pada dua kesempatan latihan agar bisa makin pol di sesi Q2.

Di sisi lain, Valentino Rossi belum juga bisa beri tanda-tanda mampu membantu JL dalam duel menentukan lawan Marc Marquez. M1 miliknya masih saja keok dari tiga pembalap terdepan seperti biasanya. Mungkin ia masih sibuk dengan persoalan Jeremy Burgess yang digesernya sebagai pimpinan mekaniknya.

“Untuk saat ini saya hanya bisa berusaha semakin dekat dengan pembalap di depan sembari melihat kemungkinan apa yang bisa saya lakukan,” ujar The Doctor dengan nada setengah optimis, setengahnya lagi pasrah karena secara keseluruhan justru lebih lambat dari Cal Crutchlow (Yamaha Tech3). Cal bisa bikin waktu 1:31,502 sedangkan Rossi Cuma 1:31,639.

Seperti kata Pakbos Yamaha Massimo Meregalli, jeroan M1 memang perlu korekan lebih dalam lagi. Itu untuk mensiasati karakter Valencia yang tikungannya patah-patah dan mayoritas meggunakan gigi rendah, khususnya R1 dan 4. Satu kondisi yang jadi keunggulan Honda selama ini, karena lebih cepat ngacir ke R berikutnya berkat girboks SSG yang lebih dulu dibikin. Beda dengan SSG-nya Yamaha yang masih baru dan terbilang ‘masih cari pengalaman’.

Jika penyakit itu tak bisa dibenahi pada dua sesi latihan hari ini, yah tinggal takdirlah  yang akan menentukan apakah JL bisa dapat status pole sitter atau tidak. Andro 

BACA JUGA

Hasil MotoGP Valencia Spanyol 2013, Semua Sesi & Kelas, 8 – 10 November

MotoGP 2013 Valencia (Jelang FP3): Marquez Puas, Hari Ini Perkaya Setingan

MotoGP 2013 Valencia; Burgess Tercengang ‘Dipecat’ Rossi Untuk 2014

MotoGP 2013 Valencia Spanyol FP2; Marquez Keluar Tercepat Latihan Bebas, Gas Terus..!

 

 

 

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353