nhk

MotoGP 2013 Valencia (Jelang FP3): Marquez Puas, Hari Ini Perkaya Setingan

 

ManiakMotor – Lihat cara Marc Marquez, sepertinya doski tak bohong pada janjinya. Tetap tampil maksimal dan ogah berpikir main aman. MM tetap tancap menguasai FP1 dan 2. Ia ngeyel meraih waktu tercepat degan gaya aslinya, rem titik paling dalam, segera ungkit motor jadi tegak namun tetap bergelantungan pada RC213V-nya untuk ikut tikungan.

Ketika Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo bikin fastest lap sekaligus melampaui rekor sirkuit buatan Casey Stoner pada lap 10 dan 12, MM justru kepincut utuk bikin hal serupa. Ia pun sukses melampaui semuanya pada lap ke-20 dari 21 putarannya. Selisihnya hanya nol koma nol sekian dengan dua senior yang sama-sama Spanyol.

Di FP2, sama saja. Masih membara dan lagi-lagi lebih cepat 0.3 detik sekian-sekian dari FP1. “Saya puas dengan hasil hari pertama. Ini awal yang bagus untuk seri yang sangat penting ini sekaligus kunci untuk persiapan ke raceday nanti,” kata MM lewat rilis Repsol Honda.

Setidaknya, ia sudah punya basis set-up pada lintasan aspal sirkuit yang baru, plus ban belakang tipe baru yang disuplai Bridgestone. Maklum Bro, sebelumnya MM belum punya pengalaman dengan RC213V di Valencia. Ia hanya punya data global  milik Honda dan belum diselaraskan dengan riding style-nya.  

Dengan begitu, lanjutnya, pada sesi sepanjang Sabtu (9/11) ini ia bisa perkaya setingan dengan kemungkinan suhu yang berbeda. Itu modal untuk berstrategi apa saja saat lomba. Juga modal melawan provokasi dan diri sendiri. Sukses itu FP1 dan 2 jelas berkat skill dan cerdiknya  MM yang cepat menyesuaikan dengan tuntutan trek.

Agak beda dengan Dani Pedrosa sesama pembesut RC213V, yang di hari pertamanya justru mengeluh pada kondisi sirkuit yang agak licin. “Kami mencoba ban lunak maupun keras, tapi kondisi lintasan tak ideal sehingga banyak slip,” kata Pedrosa yang menang tahun lalu di Valencia.

Dua pacuan sejenis dengan kemampuan setara, tapi dengan dua joki berbeda sehingga hasilnya pun berbeda. Jika sesi hari ini pun MM masih tercepat, rasanya pendukung JL harus perkuat doa masing-masing agar hujan pada saat Q2 maupun balapan. Sebab, hanya itu yang sepertinya bisa menghambat laju MM. Andro

 

BACA JUGA

Hasil MotoGP Valencia Spanyol 2013, Semua Sesi & Kelas, 8 – 10 November

MotoGP 2013 Valencia; Burgess Tercengang ‘Dipecat’ Rossi Untuk 2014

MotoGP 2013 Valencia Spanyol FP2; Marquez Keluar Tercepat Latihan Bebas, Gas Terus..!

MotoGP 2013 Valencia Spanyol: Pisah Dengan Burgess, Rossi Gandeng Martinez

MotoGP 2013 Valencia Spanyol FP1; Latihan Didapat Marquez, Lorenzo Dan Pedrosa

 

 

 

BAGIKAN