nhk

MotoGP 2013 Valencia (Jelang Race): 4 Yamaha Versus 2 Honda, Adu Jitu Strategi

 

ManiakMotor – Hasil Q2 GP Valencia menghasilkan komposisi unik dan baru sekali ini terjadi. Baris pertama diisi Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan Dani Pedrosa. Itu mah biasa. Yang istimewa adalah baris kedua yang tiga-tiganya anak Yamaha. Itu yang punya potensi meredam langkah MM ke 4 Besar.

Valentino Rossi di grid 4 akan start langsung dari buntut RC213V Marquez. Di sebelahnya ada dua rider Monster Yamaha Tech3, Cal Crutchlow dan Bradley Smith. Para rider tim satelit Honda baru mejeng di belakang mereka alias row 3, macam Stefan Bradl dan Alvaro Bautista.

Komposisi itu dibicarakan karena kaitannya dengan upaya Yamaha membendung MM jadi finisher 4 besar agar Lorenzo jadi juara dunia jika bisa menjuarai Valencia. Dalam keadaan normal, mungkin terlalu mengada-ada menjagokan Rossi, Crutchlow, apalagi Smith untuk bendung MM. Tapi, ini partai final Bung, segala hal sulit ditebak karena tekanan mental.

Formasi itu bikin kondisi selepas start  sulit diduga. MM selama ini acap ‘gagap’ di garis start dan sebaliknya JL yang amat cekatan. Dan, menarik menunggu strategi instruksi Yamaha buat tiga pembalapnya di baris kedua, khususnya Rossi dan Smith yang ada ikatan emosional. Beda dengan Crutchlow yang bakal berpisah dengan garpu tala dan hatinya sudah di Ducati.

Faktor krusial sepanjang balapan 30 laps, semua pembalap belum menentukan jenis ban dipakai, masih saling tunggu satu sama lain agar bisa menyusun taktik. JL, MM, dan Rossi, misalnya, baru akan tentukan pilihan ban setelah sesi warm-up. “Dari dua opsi ban yang tersedia, saya belum tentukan pakai kompon lunak atau keras,” terang MM. Begitu pun Lorenzo. Di seri Motegi ia pilih ban lunak dengan risiko tersendiri, sedangkan lawan-lawannya pakai keras. Tapi, itu membuatnya sukses ngacir di depan MM. Bisa saja strategi berbeda akan diterapkan JL.

Kira-kiranya jika MM pakai soft tyre, bisa jadi sebaliknya serdadu Yamaha terutama Smith dan Rossi pakai hard tyre dengan harapan pada 10 lap terakhir memetik kentungan tersendiri. Sebaliknya begitu, sejak awal menekan Marquez, kalau bisa. Lho, Pedrosa gimana? Bisa jadi usaha Pedrosa untuk juara itu sama saja dengan membantu Marquez. Dengan dia juara, Lorenzo akan kehilangan 25 angka. Ya tunggu saha balapan sebentar lagi nanti jam 20.00 di Indonesia. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Valencia Spanyol 2013, Semua Sesi & Kelas, 8 – 10 November

MotoGP 2013 Valencia Jelang Race; Rossi Mengaku Tak Sanggup, Tapi Lumayan Catatan Waktunya

MotoGP 2013 Valencia (Jelang Race): Marquez Bawa pulang BMW M6 Coupe

MotoGP 2013 Valencia (Jelang Race): Lorenzo Terpaksa Pakai Mesin M1 Bekas

MotoGP 2013 Valencia (Jelang Race): Marquez Janji 100% Alias Pol-Polan

 

 

 

BAGIKAN