nhk

MotoGP 2013 Valencia (Jelang Race): Lorenzo Terpaksa Pakai Mesin M1 Bekas

 

 

ManiakMotor – Jatah mesin yang sudah habis terpakai akhirnya membawa masalah tersendiri buat Jorge Loenzo. Mesinnya ngadat saat qualifying 2 Sabtu, 9 November  2013. Sayangnya terjadi di seri Valencia, tempat penentuan gelar dunia antara dirinya dengan Marc Marquez.

Lima jatah mesin per musim seluruhnya sudah dipakai JL, terakhir ya di Valencia pada sesi FP sampai awal Q2. Eh, di pertengahan sesi Q2, itu mesin malah ngadat. Rusaknya terbilang berat sehingga mekanik Yamaha tak bisa mengatasinya dengan cepat. Untungnya, JL sudah sempat bikin waktu tercepat dalam flying lap pertamanya.

Menurut Lorenzo dalam jumpa pers, gejala mesin akan mogok ia telah  rasakan di babak awal Q2. Makanya ia hanya satu lap bersih di babak pertama tersebut. “Ganti ban kedua, mesin gagal distarter. Berhasil hidup tapi di lintasan kurang enak. Makanya balik lagi ganti motor,” jelas Lorenzo saat Q2.

Kembali ke trek dengan kuda besi nomor cadangan, JL pun tak mampu mengimbangi Marc Marquez dalam perburuan pole position. Ia kehilangan momentum lantaran kejar-kejaran dengan waktu sesi Q2. Lorenzo hanya berhasil tiga lap maksimal dalam 15 sesi kualifikasi. Rata-rata sih bisa 6 lap.

Padahal  posisi yang sangat penting dalam trek macam Valencia yang susah cari celah menyalip lawan. Tapi, JL tetap optimis seperti biasanya. “Motor kedua pakai mesin bekas. Karakternya sangat berbeda karena lebih liar. Kualifikasi satu hal beda dengan balapan sesungguhnya. Jika besok start bagus dan bisa langsung mendahului Marc, saya yakin bisa bertarung jadi pemenang. Soal gelar dunia, kita lihat apa yang terjadi hingga garis finish,” cetusnya.

Belum jelas motor yang nomor satu atau dua yang akan dipakai JL untuk balapan. Yang pertama pastinya tengah dalam perbaikan namun riskan digunakan balap jika masih ada potensi kemungkinan bin masalah lagi. Mau tak mau kubu Yamaha akan menseting ulang mesin bekasnya sebagai bekal berburu gelar.

Nah itulah kata Lorenzo tak ada yang bisa menduga yang terjadi sebelum balapan selesai! Untung saja terjadi sebelum lomba. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Valencia Spanyol 2013, Semua Sesi & Kelas, 8 – 10 November

MotoGP 2013 Valencia (Jelang Race): Marquez Janji 100% Alias Pol-Polan

MotoGP 2013 Valencia Spanyol Q2; Kualifikasi Marquez Mantap, Lorenzo Ke-2 Dengan ‘Masalah’

MotoGP 2013 Valencia Free Practice (FP4); Lorenzo Tercepat, Disusul Marquez dan Rossi

 

 

 

BAGIKAN