nhk

MotoGP 2013 Valencia Jelang Race: Minggu Diprediksi Cerah, Lorenzo-Marquez Gelisah

 

ManiakMotor – Cuaca Valencia, Spanyol, pda Minggu (10/11) siang diprediski cerah dengan suhu udara 23oC, meningkat dari temperatur 12oC pada pagi harinya. So, duel penentuan gelar 2013 antara Jorge Lorenzo dengan Marc Marquez kemungkinan besar berlangsung di lintasan kering.

Prakira cuaca pada hari itu bukan hasil penerawangan pawang Brosist. Di sana juga nggak ada yang putar-putar handuk dan bakar kemenyan. Tapi diterawang dari worldweatheronline.com yang memang isinya seputar cuaca di berbagai belahan dunia. Katanya ndak ada hujan di valencia pada Minggu nanti.

Tapi, seperti sampeyan tahu, ramalan lewat teknologi tinggi itu masih acap meleset. Kalau Tuhan bilang hujan, maka datanglah hujan. So, siapa yang bisa meramal kehendak Tuhan? Kalau meyakini kebesaran Tuhan, itu wajib hukumnya. Betul ndak, Masbro!?

Buktinya di Valencia sendiri kerap cuaca berubah tanpa diduga. Kota pinggir pantai Mediterania itu justru dikenal komunitas MotoGP sebagai seri yang paling sulit menebak cuacanya. “Itu hal paling sulit di Valencia. Cuaca sering berubah dengan cepat. Semoga saja tak hujan seperti tahun lalu,” ujar MM sebelum ke Valencia. “Kalau saya jelas berharap hujan,” cetus Jorge Lorenzo saat jumpa pers jelang balapan.

Keduanya tentu sama-sama gelisah menunggu apa yang bakal terjadi pada Minggu siang saat raceday. Jika kering, keuntungan jelas milik MM. Dari aspek apa pun tak ada yang ragu ia bisa finish minimal 4 besar dan jadi juara dunia. Beda kalau situasinya hujan. Hasil balapan bisa acak kadut alias berantakan, belum lagi potensi jatuh yang sangat besar. Dan, itulah yang diinginkan JL.

Boleh MM unggul 13 poin saat ini, tapi bicara jumlah kemenangan seri musim ini JL unggul, 7 banding 6. Nah, kalau hasil Valencia benar-benar diluar dugaan dan poin keduanya sama besar, maka JL-lah yang jadi juara dunia, MM harus gigit jari meski tak boleh sampai putus. Maksudnya putus asa.

Terdapat tiga komposisi finisher yang memungkinkan poin keduaya sama di akhir lomba. Bila Jl finish runner up sedangkan MM di posisi 9, Jl finish finish ke-3 dan MM ke-13, atau JL finish ke-4 sedangkan MM gagal memetik poin. Mungkinkah itu terjadi? “Tak ada yang tak mungkin dalam balapan. Sampai lap terakhir berlangsung dan bendera finish dikibarkan, tak ada yang pernah tahu apa yang akan terjadi,” tegas JL yang sangat optimis bakal memenangi Valencia, tapi tetap gelisah menunggu kira-kira finish keberapa lawannya nanti.

Dalam doanya, pastinya JL minta hujan, sedangkan MM tolak hujan. Pastinya itu urusan yang punya hujan, mau kabulkan yang mana. Sampeyan tunggu saja dua hari lagi.  Mungkin saja yang paling banyak amalnya, hehe. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2013 Valencia Spanyol: Honda Perkenalkan RCV1000R, Ada 4 Joki Musim Depan

MotoGP 2013 Jelang Valencia: Lorenzo Berharap Hujan, Rossi Beri Dukungan

MotoGP 2013 Jelang Valencia: Marquez Lihat Sikon, Hadapi Musuh Dalam Selimut

MotoGP 2013 Valencia Spanyol; Valentino Rossi Umumkan Mengganti Burgess Sebagai Kepala Mekanik

 

 

 

BAGIKAN