nhk

MotoGP 2013 Valencia Jelang Race; Rossi Mengaku Tak Sanggup, Tapi Lumayan Catatan Waktunya

 

ManiakMotor – Di free practice (FP) hari kedua Valentino Rossi cukup konsisten di tiga besar. Tapi rontok ke posisi empat saat qualifying 2 yang berlangsung Sabtu siang di sirkuit Valencia, Spanyol, 9 November 2013. Posisi empat adalah langganan Rossi selama ini. Macam mana saat race?

FP memang ukurann atau simulasi untuk race, namanya juga latihan bebas. Sedang Q2 adalah cepat-cepatan untuk perebutan grid. Di Q2 bobot motor telah dikurangi. Bahan bakar yang dibawa tipis, ban yang digunakan  lunak dan tekanannya berbeda dengan lomba. “Sayang, saya nggak sanggup untuk berebut grid di front row,sesal Rossi yang barusan mengumumkan berpisah dengan kepala mekanik selama ini dekat dengannya, Jeremy Burgess.

Rossi di Q2 mencetak 1 menit 30.920 detik atau tertinggal 0.663 dari Marc Marquez yang jadi pole sitter. Lumayan, Rossi dari empat pembalap yang bisa mencetak di bawah 31 detik.  Katanya, catatan di bawah 31 detik itu sudah cukup membuatnya senang walau start dari grid  ke-4. Masih dekat-dekatan dengan trio Spanyol.   

Kini Rossi dituntut menentukkan ban yang digunakan untuk lomba, mau tipe hard atau soft? Dengan ban lunak memang cenkeraman terhadap trek lebih oke, joki percaya diri membetot mesinnya.  Namun, “Ban lunak  rawan digunakan untuk 30 lap di Valencia, menkhawatirkan. Kalau keras pasti lebih tahan, tapi gitu dah. Ini pekerjaan yang berat untuk memilihnya,” kata Rossi yang nggak berbahasa Betawi soal hitung-hitungan kompon karet hitam.

Lunak memang riskan lantaran Valencia banyak menggunakan akselerasi yang kuat dan ada yang sembari menikung. Yang pasti juga, jasa Rossi masih diharap Yamaha untuk sebisa mungkin membantu Jorge Lorenzo. Sebelumnya pun, Rossi menyatakan ’86’ atau siap  membantu teman setimnya di Yamaha Factory Racing itu untuk perebutan juara dunia di Valencia.

Kita lihat saja bentuk bantuan Rossi modelnya seperti apa? Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Valencia Spanyol 2013, Semua Sesi & Kelas, 8 – 10 November

MotoGP 2013 Valencia (Jelang Race): Marquez Bawa pulang BMW M6 Coupe

MotoGP 2013 Valencia (Jelang Race): Lorenzo Terpaksa Pakai Mesin M1 Bekas

MotoGP 2013 Valencia (Jelang Race): Marquez Janji 100% Alias Pol-Polan

MotoGP 2013 Valencia Spanyol Q2; Kualifikasi Marquez Mantap, Lorenzo Ke-2 Dengan ‘Masalah’

 

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353