nhk

MotoGP 2013 Valencia: Lorenzo Ikhlas, Marquez Juara Dunia Menari Poco-Poco

 

 

ManiakMotor – Delapan kali juara dalam 18 seri MotoGP musim ini tak cukup mengatrol Jorge Lorenzo untuk meraih hattrick juara dunia. Gelar melayang ke tangan Marc Marquez yang rajin naik podium meski hanya enam kali  juara musim 2013.

“Begitulah akhirnya, Marc menjadi juara dunia. Strategi saya memang memenangkan GP Valencia dan menunggu di mana posisi Marc. Saya senang karena telah bertanding maksimal dan harus menerima kenyataan tak bisa mempertahankan gelar,” ujar Lorenzo  si pemegang gelar 2010 dan 2012 seusai balapan. 

JL memang telah bermain ‘memancing’ dengan segala trik. Ia akui awal-awal lomba ‘melambat’ akibat duel hebatnya di partai final Valencia  bersama  Dani Pedrosa. Sementara MM sepertinya tidak terpancing dan bermain aman dengan membututi mereka saja. “Saya ambil resiko saat duel dengan Dani. Pikiran saya hanya bagaimana memenangi lomba,” lanjut JL.

Sayangnya taktik JL ‘melambat’ ini, posisi tetap dia, DP dan MM, pembalap lain yang diharapnya masuk rombongan untuk menggeser MM di luar empat besar tidak ada yang sanggup. Malah Alvaro Bautista yang masuk rombongan, telah ditugaskan Honda untuk menjaga Valentino Rossi supaya tidak memancing di air keruh, hehe. Selanjutnya sampeyan sudah tahulah, lha wong ada siaran langsungnya. Tapi ini lomba yang togang dan mendebarkan bikin copot jantung yang diprakarsa Lorenzo.

MM sendiri mengaku jaga diri dan eling wospodo untuk target podium saja. Itu sebabnya ia tak bernafsu ngotot jadi juara meski sempat memimpin ketika JL dan DP sempat bersenggolan dan membuat DP terpuruk ke urutan lima. Apalagi melihat Lorenzo yang di Valencia ini muncul dengan taktik baru yang bisa masuk lebih dalam di tikungan plus ‘babat habis’. Ia tahu gelagat lah…

Mendingan bertindak ojo kesusu. “Jadi juara dunia, seperti mimpi yang terwujud. Sama sekali di luar dugaan sejak awal karena begitu banyak pembalap hebat. Saya tak tahu harus bilang apa lagi karena sangat bahagia di tengah penonton Spanyol yang  antusias,” ujar MM, juga dalam wawancara singkat usai selebrasi di podium, di mana MM sempat pertontonkan joget ala poco-poco, tapi dia nggak tahu ngana pe bodi pica-pica, hehehe.

Sayang, ia tak sebutkan memberikan posisi runner-up pada Pedrosa jelang usai balapan. DP memang mampu mendekat lagi setelah lewati Alvaro Bautista dan Valentino Rossi dan sekian lap di belakang MM. Dengan gaya demonstratif, MM dengan jari kirinya kemudian sangat jelas mempersilakan DP maju agar finish sebagai runner-up. Padahal, itu sama sekali tak ada artinya buat DP karena posisi di klasemen tak berubah meskipun finish kedua atau ketiga.

Apakah itu cara MM mempermalukan DP, seolah itu pertolongan darinya untuk DP atau silakan kejar Lorenzo? MM belum menjawabnya. Tapi, sangat jelas, DP memang layak malu kepada yuniornya yang masih bau kencur itu. Baru semusim di MotoGP sudah juara dunia. DP sendiri belum pernah  sudah 8 musim berada di tim elit Repsol Honda. Ah, macam mana kau ini Pedro? Coba lagi tahun depan! Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Valencia Spanyol 2013, Semua Sesi & Kelas, 8 – 10 November

Marquez Juara MotoGP 2013 (Pasca Valencia): Tiga Gelar Dunia Dalam 4 Tahun, Rossi Baru

Marquez Juara Dunia MotoGP 2013 Di Valencia: Gelar Ke-4 Buat Spanyol

Marquez Juara MotoGP 2013 Di Valencia: Rekor Termuda, Spencer Turut Bangga

MotoGP 2013 Valencia (Race); Marquez Juara Dunia, Lorenzo Juara Spanyol

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353