nhk

MotoGP 2013 Valencia (Race); Marquez Juara Dunia, Lorenzo Juara Spanyol

 

ManiakMotor – Kata komentartor televisi, saat membuka sesi raceday ronde terakhir MotoGP 2013 di sirkuit Valencia, Spanyol, Minggu 10 November 2013, ia mengawali kalimat; masih ingat 2006 antara Valentino Rossi (Yamaha) dan Nicky Hayden (Honda)? Lantas komentator menjawab sendiri, ‘Rossi memimpin 8 poin ke sirkuit Valencia juga, akhirnya kalah dari Hayden dan pembalap Amrik itu yang dinobatkan juara, apakah terulang’. Nah baca terus, sebab jujur saja masih menegangkan.

Bikin tambah togang penonton seperti mendukung Real Madrid dan Barcelona. Tifosi ini bergemuruh mendukung dua pembalap Spanyol yang berebut juara di negaranya sendiri dan di hadapan mereka.  Start pun tak kalah tegang yang diawali start yang mulus oleh Lorenzo. Namun belum 1 lap malah Dani Pedrosa yang menganggu dominasinya. Marquez yang ke-3 malah jadi penonton. Pedrosa dan JL betul-betul agresif lap-lap awal ini, entah mimpi apa Pedrosa semalam. Luar biasa. Rapat..

Ini permainan keras, sangat keras malah antara JL dan DP, paling tidak di awal-awal lap. Tinggal menunggu apa yang akan terjadi. Saat diketik ini sudah lap ke-3. Lorenzo yang memimpin kelihatannya melambat. Sengaja untuk memberi kesempatan barisan belakang merapat ke rombongan mereka. Buktinya, Valentino Rossi dan Alvaro Bautista di lap ke-4 sampai ke-7 bisa mendekat. Strategi? Karena percuma, bila Lorenzo kabur duluan sedang Marquez tetap di posisi tiga.

Khusus Lorenzo benar-benar berjuang dengan berbagai trik, ia jauh lebih lincahf. Sedang Marquez lebih tenang menonton Pedrosa vs Lorenzo. Kejadian kan antara DP vs JL. keduanya senggolan dan Pedrosa melebar. Nga-nge-ngongnya, Marquez gantian memimpin di lap 9 ini. Sekarang MM vs Lorenzo. Lorenzo cari akal agar rombongan tidak berpisah. Harapannya Marquez bisa digeser Rossi, Bautista atau siapa saja. Sayang Rossi tak bisa merengsek ke permainan MM vs JL dan Bautista cenderung menjaga posisi MM. Malah Rossi kembali diambil DP, usai DP senggolan dengan JL sebelumnya.

Marquez sadar cara bermain Lorenzo di Valencia ini, agak aneh seperti bukan ciri Lorenzo. Karena itu, Marquez  tidak melayani alias tidak terpancing. Itu lebih bagus buat Marquez. Pertengahan lomba Marquez malah mengendur dari ekor Lorenzo. Wah ada pesan dari pit board Yamaha buat  Lorenzo, kira-kiranya isinya Lorenzo jangan disuruh kabur, huhui. 

Strategi ini sudah dijalankan Lorenzo, namun itu tadi Marquez lebih baik melambat juga. Faktanya, malah Pedrosa yang dari belakang yang bikin fastet lap melulu. Posisi ini buat Marquez cukup untuk jadi juara dunia. Bahkan Pedrosa lewat dibiarkan saja, bukan tipenya. Puncak cerita yang disebut komentator di atas tidak terjadi. Usaha Lorenzo di awal lomba sampai pertengah pun nggak mempan. Marquez yang ke-3 membuatnya jadi juara dunia termuda sepanjang sejarah dan rookie ke-2 setelah Kenny Roberts SR yang bisa juara dunia. ‘

Selamat. Ngomong-ngomong insiden Lorenzo dan Pedrosa tadi seperti apa cerita ya? Ito       

 

BACA JUGA

Marquez Juara MotoGP 2013 Di Valencia: Rekor Termuda, Spencer Turut Bangga

Klasemen MotoGP 2013, Moto2 2013, Moto3 2013

Hasil MotoGP Valencia Spanyol 2013, Semua Sesi & Kelas, 8 – 10 November

MotoGP 2013 Valencia Warm Up; Lorenzo Yang Cepat Disusul Marquez

MotoGP 2013 Jelang Valencia: Marquez, Antara Naluri dan Instruksi, Macan Atau Kambing?

MotoGP 2013 Jelang Valencia; Sirkuitnya Honda (Normal), Harapannya Yamaha (Tidak Normal)

MotoGP 2013 Jelang Valencia: Lorenzo Masih Bernafsu, Marquez Keburu Sadar

MotoGP
Race
Laps to go:
0 laps

 

BAGIKAN