nhk

MotoGP 2013 Valencia Spanyol: Honda Perkenalkan RCV1000R, Ada 4 Joki Musim Depan

 

ManiakMotor – Sehari jelang sesi FP GP Valencia, Honda Repsol Corporation (HRC) memperkenalkan produk balap terbaru Honda, RCV1000R yang beberapa waktu lalu dites oleh Casey Stoner. Siapa jokinya?

Itu adalah efek regulasi 2014 yang tak lagi mempertandingkan kelas CRT. RCV1000R ini adalah pacuan balap berbasis prototype RC213V dengan paket jualan buat tim independen. Saingannya, Yamaha juga bikin hal sama versi M1 namun hanya untuk disewakan.

Beda RCV seceng dengan versi RC213V yang dipacu Marc Marquez dan Dani Pedrosa musim ini terletak pada beberapa item. ECU-nya standar Magnetti Marelli yang ditetapkan promotor Honda. Juga pada pembalik klep. Jika pabrikan menggunakan pneumatik, RCV1000R masih pakai per atau pegas.  Girboks juga konpensional dengan quick shifter, bukan SSG.  Kapasitas bahan bakarnya lebih besar, 24 liter dan pembalapnya dapat jatah 12 mesin per musim komptisi.

Petinggi HRC Shuhei Nakamoto dan pimpinan proyek Tomonori Sato saat launching RCV1000R bilang, itu barang sudah siap. Boleh dicoba Senin (11/11) saat tes Valencia pasca balapan. Mereka jelaskan sasis RCV1000R sama dengan RC213V, mesin V4 model 90 derajat dengan power yang beda-beda sikit pada putaran mesin 16.000 rpm. Pokoknya setiap lap  diukur pembalap yang sama, hanya beda 0.3 detik. Kelihatannya kecil, tapi kalau 20 lap jadi besar. Kalikan saja 0,3 detik dengan 20, itu sama dengan 6 detik saat finish, hehe.

Tetapi menurut Nakamoto dengan suspensi Ohlins dan rem Nissin plus keunggulan bahan bakar yang banyak, RCV1000R bisa unggul dari RCV213V di beberapa karakter sirkuit yang butuh power besar. Sebaliknya akan tertinggal di beberapa tipe sirkuit lainnya. “Proyek ini  penting bagi Honda. Karena beda jauh antara dengan CRT, inilah caranya menolong tim perorangan. Kompetitif dan harga terjangkau,” papar Nakamoto yang menjabat Executive Vice President of the Honda Racing Corporation.

Sampai saat ini telah 4 unit RCV1000R yang dipesan tim independen. Misalnya Aspar dengan joki Nicky Hayden, Cardion AB Team (Karel Abrham), dan Honda Gresini Team (Scott Redding). Satu lagi joki di tim Aspar belum ditentukan. Tes Senin mendatang, HRC sediakan 2 unit untuk dijajal. Stoner sendiri memuji kinerja pacuan anyar ini setelah mencobanya di trek Motegi. Harga jual paket RCV1000R dibanderol sekitar 900.000 Euro, dan itu katanya untuk bikin balapan MotoGP lebih murah buat tim non pabrikan. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2013 Jelang Valencia: Lorenzo Berharap Hujan, Rossi Beri Dukungan

MotoGP 2013 Jelang Valencia: Marquez Lihat Sikon, Hadapi Musuh Dalam Selimut

MotoGP 2013 Valencia Spanyol; Valentino Rossi Umumkan Mengganti Burgess Sebagai Kepala Mekanik

MotoGP 2013 Jelang Valencia Spanyol; Andai-Andai Marquez-Lorenzo Jadi Juara

 

 

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353