nhk

MotoGP 2013 Valencia Spanyol; Valentino Rossi Umumkan Mengganti Burgess Sebagai Kepala Mekanik

 

ManiakMotor  – Valentino Rossi butuh penyegaran korekan pacuannya ke depan. Makanya setelah 14 musim bekerja sama dengan ‘Opa’ Jeremy Burgess, ia mengumumkan akan mengganti si Opa. Itu keputusan bulat dan usai MotoGP Valencia akhir pekan ini, kerjasama itu berakhir. Jadi M1 2014 nanti bukan Burgess lagi yang juru set-up-nya, tapi chief mechanic baru dalam struktur yang baru, tapi belum ditunjuk. 

Itu diumumkan Rossi saat jumpa pers wajib 7 November menghadapi seri pamungkas di sirkuit Valencia, Spanyol, 10 November 2013. “Tidak benar saya kurang senang dengan pekerjaan Jeremy. Tapi tepatnya, tahun depan ia tidak akan jadi chief mechanic saya. Ini keputusan sulit, karena punya sejarah panjang bersama. Jeremy bukan hanya pemimpin mekanik, malah bagian dari keluarga, bahkan jadi orang tua untuk balap,” jelas Rossi yang dengan Jeremy telah memenangi 7  juara premier class. 

Rossi telah berbulat tekad untuk memperbarui suasana kerja pada kru montirnya. Salah satu caranya, menggser Burgess. Dia ingin motivasi berbeda dengan sudut pandang teknik yang berlainan dalam set-up M1 2014. Dari suara Rossi juga, sosok Jeremy sepertinya ‘dipertanyakan’ Yamaha. Maksudnya, keputusan Rossi untuk mengganti Burgess sudah didesak Yamaha segera diumumkan. 

Valencia jadi balapan terakhir bersama dengan Jeremy dan Rossi. “Kami telah bicara dari hati ke hati. Tahun depan penting untuk peningkatan, saya ingin cepat, kuat, kompetitif  dan itu perlu motivasi baru. Beberapa seri lalu, saya merasa ingin bekerja dengan cara berbeda. Pilihan yang sulit dan baru sekarang diputuskan,” papar Rossi dengan wajah yang kurang riang.
 
Dengan penyengaran pemimpin mekanik, akan muncul program baru yang diharap The Doctor. Itu selalu ia lakukan dalam karirnya. Tahun depan akan ada nuansa baru terutama gagasan  teknik yang berbeda dengan rutinitas Burgess. “Saya harus dapat terobosan lain. Saya harus cepat dengan Yamaha tahun depan. Belum tahu siapa yang akan menggantikan Jeremy,” lanjut Rossi. 

Ada catatan menarik buat Burgess terhadap Rossi. Usai Rossi juara dunia 2009 atau tepatnya juara dunia terakhir dimiliki Rossi, Burgess pernah cerita. Katanya saat itu, bila Rossi sehat-sehat saja, karirnya masih bisa bertahan 5 tahun lagi di papan atas MotoGP. “Tapi bila cidera berat dan trauma, akan sulit bagi Rossi berprestasi,” kata Burges ketika itu atau Rossi sebelum cidera di Mugello 2010 dan trauma berat saat terlibat insiden tewasnya Marco Simoncelli di Sepang.

Prediksi lima tahun oleh Burgess jangan-jangan yang membuat semangat si Opa kendur mendampingi Rossi. Maklumlah, Burgess sendiri yang memprediksi lima tahun dan itu sudah tepat lima tahun berjalan. Semangatnya bikin ‘kejutan’ teknik, bisa jadi terpengaruh omongannya sendiri. Juga umur Burgess sudah 60 tahun. Ia kelahiran Adelaide Hill, South Astralia pada 16 April 1953. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2013 Valencia; Burgess Tercengang ‘Dipecat’ Rossi Untuk 2014

MotoGP 2013 Jelang Valencia: Lorenzo Berharap Hujan, Rossi Beri Dukungan

MotoGP 2013 Jelang Valencia: Marquez Lihat Sikon, Hadapi Musuh Dalam Selimut

MotoGP 2013 Jelang Valencia: Kolaborasi Elekronik M1 Rossi–Seki, Kebangkitan 2014

MotoGP 2013 Jelang Valencia Spanyol; Andai-Andai Marquez-Lorenzo Jadi Juara

MotoGP 2013 Jelang Valencia: Marquez, Antara Naluri dan Instruksi, Macan Atau Kambing?

MotoGP 2013 Jelang Valencia: Lorenzo vs Marquez, Contohnya Rossi dan Doohan..!

 

 

 

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353