nhk

MotoGP 2013 Valentino Rossi Tetap Terkaya Dari Balap Motor, Peringkat 51 Versi Fobers

 


ManiakMotor – Valentino Rossi berada di peringkat ke-51 dalam daftar 100 atlet dengan penghasilan tertinggi di dunia versi majalah Forbes. Ini majalah memang usil yang kerjanya mencari tahu isi kantong pebisnis sampai atlet. Untung saja nggak cari tahu isi kantong reporter, hehehe.

Dalam catatan Forbers itu sejak 1 Juni 2012 hingga 1 Juni 2013, Rossi berpenghasilan sebesar USD 22 juta (Rp 215,7 miliar).  Kontraknya dengan Yamaha pada musim 2013 adalah USD  10 juta. Sedang gajinya dalam 18 seri MotoGP untuk tahun ini adalah USD 12 juta. Jika digabung ya hasilnya seperti dalam kurung di atas.

Forbers juga melansir jagoan 7 kali juara premier itu dibayar per menang. Lho, gimana kalau dia nggak menang-menang? Ah, dia sudah kaya duluan brosist. Lagian yang berhasil dilacak hanya kontraknya dengan Yamaha. Tidak disebut penghasilan lain yang justru lebih tinggi. Toh itu, versi majalah itu merupakan penghasilan tertinggi untuk jenis balap motor apa pun, sudah dihitung balap bebek sekalian. Sedang atlet terkaya petenis Roger Federer.   

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Padahal, selain gaji dan kontrak, The Doctor terima bonus, penampilan promosi dan sejumlah sponsor pribadi macam helm AGV yang sudah kontrak mati. Fiat, Monster, Kera Koll dan termasuk kerjasamanya dengan Yamaha Indonesia. Untuk tahun lalu saja, ia terima kisaran USD 40 juta. Rossi juga terkenal hemat dan bisa nabung banyak karena masih bujangan. Ia tak mikir kontrakan, tak mikir uang sekolah anak, tak mikir kenaikan gaji macam ane dan ente. Belum lagi rumah kebanjiran, halah!

Saat Rossi kembali ke Yamaha 2013, alasannya bukan karena duit. Ia berkali-kali bilang untuk  kompetisi saja. Soal fulus ia tak pusing karena hartanya menumpuk sekitar USD 120 atau sekitar Rp 1,1 triliun pada 2012. Memang agak berkurang akibat kasus pajak pada 2007. Konon pihak Rossi habis USD 60 juta agar kasus itu ditutup dan ia terhindar dari kurungan penjara. Lalu, ditambah lagi uang versi Forbes tadi, ya sedikit tertutup.

Enak memang menghitung uang orang. Muslih,Anas

BERITA TERKAIT

Valentino Rossi Makin Kaya, Hartanya Rp 1 Triliun, Harga Anjingnya Rp 125 juta

MotoGP 2013: Rossi Susul Marquez Jadi Duta Lingkungan

MotoGP 2013 Catalunya Barcelona (Jelang); Marquez Perbaiki Kesalahan, Latihan Dirt Track

MotoGP 2013 Catalunya (Jelang): Dovi Incar Sasis Baru

MotoGP 2013: Tuntaskan Tes, Biaggi Belum Pasti ke MotoGP

 


BAGIKAN