nhk

MotoGP 2013: Weleh..Weleh… Rossi Cuma Ke-6, Dikalahkan Crutchlow dan Espargaro!

ManiakMotor – Buat penggemar fanatik Valentino Rossi, hasil poling crash.net ini jelas tak mengenakkan. Maklum, sang jagoan yang disebut dewanya MotoGP hanya menempati peringkat 6 dari 10 Besar rider terbaik MotoGP 2013.

Musim ini The Doctor dengan susah payah ingin membuktikan diri masih jago jika berbekal motor yang bisa diajak kencang. Kembali membesut Yamaha YZR-M1, Vale berjuang keras di tengah berbagai kendala pada  motor yang dibuat sepenuhnya berdasarkan masukan Jorge Lorenzo. Hasilnya, enam podium dan satu kemenangan di Assen jadi milik The Doctor dan membuatnya bercokol di urutan 4 klasemen 2013.

Ternyata peringkat 4 Besar itu tak cukup membuat para pembaca crash.net  terpesona dengan aksi comeback sang idola ke Yamaha. Penampilan Rossi yang sungguh-sungguh memikat hanyalah di GP Qatar saat ia jadi runner up dan mengalahkan Marc Marquez lewat aksi sejumlah sodok-sodokan di lintasan. Kemenangan di Assen memang emosional bagi seluruh fans The Doctor. Tapi, harus diacatat kalau saat itu Lorenzo tak cukup fit bertanding karena tulang bahu yang baru saja patah.

Secara keseluruhan penampilan semusim, Rossi hanya dapat nilai rapor 6,91 berdasarkan pilihan sekitar 30.000 pembaca portal motorsport itu. Peringkat 1, 2, dan 3, ya sesuailah dengan tebakan sampeyan, yakni: Marquez, Lorenzo, dan Dani Pedrosa.

Yang jadi kejutan dan mungkin pula menjengkelkan penggemar VR46 adalah masuknya Cal Crutchlow dan Aleix Espargaro d urutan 4 dan 5. Mengalahkan sang dewa, Bro! Cal dapat nilai 7,2 sedangkan Espargaro 6,97. Dua kali pole position, empat podium plus sejumlah aksi memikat membuat Cal masuk 4 Besar.

Espargaro terpilih karena aksinya memang lumayan mencengangkan musim ini. Meski menggeber Aprilia versi CRT, toh Espargaro bisa bersaing dengan para pembalap pabrikan Ducati maupun para rider satelit. Akhirnya, abang kandung Pol Espargaro itu pun menjuarai kelas CRT yang ironisnya musim depan dihapus dari muka bumi ini.

Tapi, sebaiknya jangan terlalu bersedih soal Rossi brosist! Rapornya tahun ini setidaknya jauh membaik dari dua musim berturut saat masih menggenjot  Ducati Desmosedici. Musim 2011 dan 2012 itu The Doctor terlempar dari 10 Besar. Nah, tinggal tunggu dah musim 2014, bakal ada di mana doski? Naik ke 3 besarkah atau jangan-jangan ambil langkah pensiun? Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: Kejar Marquez, Redding Menunggu Takdir

MotoGP: Buon Natale 2014 Gaya Valentino Rossi

MotoGP 2014; Darah Muda, Pembalap Energik. Nasib Rossi?

MotoGP 2014: Lupakan Marquez Dan Pol, Redding Membidik Hayden

 

BAGIKAN