nhk

MotoGP 2014: 28 Februari, Status Ducati Ditentukan

 

ManiakMotor – Hari ini FIM merilis tenggat waktu pendaftaran tim kontestan 2014. Mereka  mau main di kelas pabrikan atau Open Class. Padahal yang ditunggu FIM itu tak lain adalah Ducati, mau turun kasta atau tetap pabrikan?

Federasi balap motor dunia itu menetapkan 28 Februari 2014 sebagai batas waktu pendaftaran. Sejauh ini Ducati mendaftarkan tiga Desmosedici di kelas pabrikan, yakni Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow di tim uatama serta Andrea iannone di Pramac Ducati. Satu rider Pramac lainnya, Yonny Hernandez, didaftarkan sebagai peserta Open Class.

Belakangan memang muncul rumor Ducati akan menerjunkan semua pacuan dan rider-nya di Open Class. Pertimbangannya, mereka lebih kompetitif di kelas ini dan punya kesempatan luas untuk pengembangan motor, tanpa dibebani dipukuli Yamaha dan Honda. Pertimbangan lain yang tentunya tak diumumkan.

Katanya nih, keputusan main di pabrikan atau tidak akan diketahui seusai tes pra musim di Sepang. Kebetulan tanggal 28 Februari itu adalah hari terakhir tes Sepang kedua, sehingga itu sekaligus sebagai kesempatan terakhir Ducati untuk menentukan sikap.

Soal deadline itu ditanggapi pihak Ducati secara wajar saja. Masih tersedia waktu cukup banyak untuk menimbang-nimbang dan memutuskan pilihan. Tetap di pabrikan atau beralih ke Open Class, keduanya punya kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Layak ditunggu dampaknya pada Dovi dan Cruthlow yang dikontrak sebagai pembalap pabrikan. Maukah mereka turun derajat? “Saya tak mau komentar soal rencana tim. Yang saya tahu sampai saat ini saya dikontrak untuk tim pabrik,” ujar Crutchlow sang  pengantin baru. “Lagian testing pertama, pembalap hanya bisa memulihkan situasi mengedara sebenarnya setelah libur panjang,”  tambahs Cal. Maksudnya, belum bisa ditentukan, bila patokannya testing  pertama.

Yang pasti bila Ducati benar-benar hijrah ke Open Class? Dovi dan Crutchlow sudi turun kasta meski mungkin gajinya tak berubah atau batalkan kontrrak? Sulit bagi keduanya, terlebih tak ada lagi waktu cari tim baru. Dari sisi pandang penonton seperti sampeyan dan tifosi pabrikan Italia itu, sebaiknya memang Ducati bertahan di pabrikan tapi dengan catatan bisa lakukan perlawanan buat pesaingnya. Biar tetap serulah! Kalau hanya dua pabrikan yang saling tempur pasti nggak seru bos! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Test Sepang: SSG Di M1 Tech3 Belum Pasti

Jelang Test Sepang MotoGP 2014; Rider Honda Main X-Trial, Pedrosa Takut-Takut

MotoGP 2014: Peralatan Tech3 Kebanjiran, Jadwal Tes Terganggu

MotoGP 2014: Musim Terakhir Pedrosa di Kelas Para Raja?

 

 

 

BAGIKAN