nhk

MotoGP 2014: Akankah Kawasaki Kembali?


ManiakMotor – Suzuki sudah mulai berancang-ancang masuk kancah MotoGP lagi pada 2014. Kini Kawasaki tengah dikompori untuk juga ikutan agar balap dunia ini semakin pol dengan tim pabrikan.

Isu kembalinya Kawasaki berawal dari pancingan Giovanni Cuzari beberapa hari yang lalu. Pemilik tim NGM Forward Racing itu ingin menggandeng pabrikan hijau itu di musim 2014. Sayangnya, saat itu belum ada tanggapan dari petinggi Kawasaki.

Kini Cuzari bawa kabar baru. Ia sudah omong-omong dengan petinggi Kawasaki Ichiro Yoda. “Mereka tertarik,” kata Cuzari.

Tertarik doang artinya belum tentu ikut di 2014 Bro. Seperti Yoda bilang, Kawasaki tentu harus membedah lagi semua regulasi teknis yang  diberlakukan per 2014 untuk melihat adakah pentingnnya untuk R&D dan marketing Kawasaki. Sekalian juga hitung biayanya, terutama karena untuk perangkat ECU (Electronic Control Unit) super mahal yang menjelma jadi salah satu sisi penentu performa di balapan.Sekadar tambahan Bro, ECU standar MagnetiMarelli yang diuji tim-tim CRT saat tes Sepang lalu, ternyata kurang memuaskan.

Jika hitung-hitungan dan kepentingan pasarnya klop, tentu saja Kawasaki akan datang lagi. Kalau tak bisa sebagai tim pabrikan penuh seperti maunya Dorna, dapat dipastikan tim ini akan menggandeng Forward Racing punya Cuzari. Pasalnya, tim ini adalah kelanjutan dari Hayate Racing Team bentukan Kawasaki pada 2009 dengan apembalap Marco Melandri di atas Kawasaki ZX-RR. Sebagai tim pabrikan, Kawasaki berpartisipasi pada musim 2002-2008. Tapi, di musim 2009 tim ini tak main di MotoGP dan membentuk tim privat Hayate itu tadi.  

Ketika kelas CRT (Claiming Rule Team) dibuka musim 2012 untuk memberi kesempatan motor ‘biasa’ di grid MotoGP, Forward Racing terbilang sebagai tim pionir. Ini motor produksi massal, tapi sasisnya prototype. Mereka yang paling awal memberikan proposal alternatif kontestan MotoGP yang kemudian dikenal dengan nama CRT. Tak membesut Kawasaki, saat itu Forward meluncurkan BMW dengan sasis Suter dengan joki Colin Edwards.

Di musim 2013, Forward beralih ke Kawasaki-FTR, masih di kelas CRT dengan dua joki: Edwards dan Claudio Corti.  Keduanya jelas menunggu apakah musim 2014 bisa memacu tim asli Kawasaki atau tidak. Tergantung Kawasakinya Brosist, tergoda proposalnya Cuzari atau lebih suka pol-polan di ajang WSBK (dengan pembalap Tom Sykes) seperti saat ini. Andro

Berita Terkait

 MOTOGP 2013: MENUJU AUSTIN, PEDROSA FOKUS SET UP RC213V

MOTOGP 2013: LORENZO SAMBUT AUSTIN, ROSSI MULAI NGELES

MOTOGP 2013: AUSTIN SIAP DIJAJAL, JANJIKAN NUANSA BARU DI R1

MOTOGP 2014: SUDAH SIAPKAN PACUAN 1000 CC, SUZUKI MATANGKAN PROGRAM TES

BAGIKAN