nhk

MotoGP 2014 Amerika (Jelang FP2/Q2): Iannone Akui Ducatinya Gampag Belok Di Indianapolis

ManiakMotor – Hasil dari Andrea Iannone yang di free practice 2 bisa kedua di sirkuit Indianapolis, Amerika, Jumat 8 Agustus, maknanya dalam. Tanda progress-nya fokus pekerjaan Ducati untuk membuat Ducati cepat tengok-tengok moncong depannya. Mereka segera ingin menghilangkan gejala understeering yang akut.

Disebut fokus, sebab pasukan tekniknya yang dipimpin Luigi ‘Gigi’ Dall’Igna sudah koar-koar akan menghapus gejala understeering. Sebelum ke sirkuit Indy mereka bilang membawa teknologi baru. b Indy adalah sirkuit yang sebenarnya musuh dari understeering. Itu saking banyaknya belok-belok motor yang banyak mengubah arah dengan cepat dengan tikungan saling berdekatan.

Tapi faktanya, Iannone hanya kalah 0.222 detik dari yang tercepat dipegang Marc Marquez. Memang sih baru FP2, belum kualifikasi dan lomba. “Tapi saya sangat senang dengan hasil hari pertama. Feeling saya terhadap motor dan trek sangat baik. Biasanya sulit kinerja motor pada seikuit seperti ini,” bilang Iannone yang tahun depan m emperkuat Ducati pabrikan dan di Indy ini diberi motor setera yang digeber Andrea Dovizioso.

Tuh kan. Berarti dari teknologi yang mereka bawa fokusnya pada motor yang mudah belok. Itu sama dengan menghilangkan gejala under yang menurut para pembalapnya terjadi saat on throttle (digas) dan off throttle (gas ditutup). Dari omongan Iannone, sepertinya sembuh tuh. Paling tidak untuk sementara.  

Memang Iannone bilang perubahan sudut-sudut sirkuit Indy dibanding tahun lalu yang ikut menolongnya. “Aspal sangat baik gripnya, sehinga bisa cepat di tikungan-tikungan. Garis besarnya masih mirip dengan yang dulu, hanya jauh lebih mudah masuk keluar tikungan. Semoga lebih mudah lagi di sesi berikutnya,” pungkas Iannone.

Sebagai gambaran, sebelum Marquez ambil alih tercepat di detik-detik akhir FP2 dan Lorenzo masuk ke-3, Ducati ada di tiga besar loh. Waw… Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Indianapolis, Amerika, Semua Sesi & Kelas, 8, 9, 10 Agustus 2014

MotoGP 2014 Indianapolis (Jelang FP3/Q2): Marquez Masih Kurang Kencang

MotoGP 2014 Indianapolis Amerika FP2: Marquez Tercepat Latihan Bebas Kedua, Ditempel Iannone

MotoGP 2014 Indianapolis Amerika: Sambut 2015, Peluru Kendali Buat Lorenzo

 

BAGIKAN