nhk

MotoGP 2014; Apa Kata Orang, Rossi Terus Latihan Refleks Di Garuk Tanah

 

ManiakMotor – Apa pun hiruk-pikuk soal Valentino Rossi untuk 2014, ia tetap tekun berlatih fisik dan hendling. Ia konversi motor MotoGP dengan special engine ke dirt track. Dirt track satu aliran dengan motocross, bedanya dirt track tak ada loncat-loncatnya. Balapannya ya di tanah yang walau ‘pelan-pelan’ tapi semua badan repot mendiamkan dan meluruskan motor. Roda motor dengan ban garuk tanahnya tidak pernah diam dapat grip enak seperti slick di aspal. Intinya refleks terus.

Seperti itulah getolnya Rossi bermain dirt track di sirkuit tanah miliknya di dekat rumahnya di Italia sana.  Baru lalu ada lomba kecil-kecilan yang diikuti para pembalap bibitan Italia dan Rossi sendiri. Dari vidieo yang diunggah  VR46 ke You Tube, Rossi menghendling seolah-olah memmerlakukan motor MotoGP tapi dengan alat special engine Yamaha YZ450F.

Memang nggak bisa disetarakan, tapi boleh dibandingkan antara jalanan dan tanah. Nah, YZ450F sudah paling besar kapasitasnya untuk arena seperti motocross dan dirt track. Tidak ada lagi yang lebih besar dari itu, kecuali untuk enduro dan Dakar. Perhatikan di video, betapa repotnya mensinkronkan kecepatan dan belok, roda belakang terus spin yang terukur dan diukur-ukur alias dikontrol oleh pembalapnya dari power dan tingkat percepatannya.

Sedang roda depan mantul-mantul terus yang arahnya berlainan. Maksudnya, ia harus nurut setang kemudi, walau belok kiri, tapi arahnya ke kanan. Kalau bahasa kerennya sih disebut rear wheel steering. Belok yang semata dikendalikan kelenturan tubuh pembalap. Wah kalau mau jelas klik aja ini bro;  https://www.youtube.com/watch?v=4dEgXf_BBco&feature=youtu.be

Yang pasti, latihan Rossi ini menandakan doi tak pernah kendur usahanya. Apa pun kata orang atau kata lu soal umurnya yang tahun ini jalan 35 tahun, dia tetap rutin mengasah keterampilan lewat dirt track. Harapannya, berguna untuk MotoGP. Dalam latihan itu, Rossi konsisten mebelok dengan power cepat dan halus, juga rapi dalam pepet-pepetan dengan lawan. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2014: Tak Incar Marquez Musim Ini, Pol Tetap Pol-polan Dengan M1 Kw

MotoGP 2014: Cal Crutchlow Tahun Baru, Motor Baru, ‘Istri Baru’. Ia Menikah

MotoGP 2014: Schwantz Ngoceh Lagi, Unggulkan Lorenzo

MotoGP 2014: Musim Ke-20 Repsol Honda, Pembalap Bertalenta Juara Tahun Pertama, Pedrosa..?

MotoGP 2014: Masih Seputar The Fantastic Four, Agresif vs Agresif

 

 

 

BAGIKAN