nhk

MotoGP 2014 Aragon (Jelang FP3/Q2): Debut Desmosedici GP14,2 LAngsung Beringas

 

ManiakMotor – Untuk sementara bolehlah memuji produk baru Ducati yang kali pertama meluncurkan Desmosedici GP14,2 di sesi awal GP Aragon. Mereka acak-acak posisi teratas. Marquez yang tun rumah dengan Honda RC213V mereka asapi, walau mesin 4-tak tak punya asap.

Desmo anyar karya Luigi Dalli’Igna itu tampil dengan desain bodi yang lebih ramping. Terlihat dari bodi yang slim alias tidak kedodoran. Itu kesan pertama yang tampak kasat mata, sebab spesifikasi lengkapnya belum dirilis Ducati.  Sementara Pak Gigi tadi pagi di bbm, tapi jawabannya beda. Lha wong yang jawab ahli gigi di sebelah rumah. Salah PIN bb.

Kalau bodi sudah ramping pastilah enak dikepit pembalapnya yang membuatnya gesit di Aragon. Ilmu kira-kiranya, otomatis rangkanya juga jelas lebih ramping. Sementara untuk mesin, harusnya lebih mudah karena Ducati  punya 12 jatah mesin tahun ini, beda dengan pabrikan yang hanya boleh pakai 5 unit. Mereka bisa cekek kecepatannya sampai limit, rusak sekali pakai ndak masalah.

Untuk sementara ya luar biasa! Andrea Iannone, misalnya, tercepat di FP1. Meski statusnya saat ini joki Pramac Ducati, tapi ia dibekali motor sama dengan Andrea Dovizioso. “Kecepatan tak beda dari motor sebelumnya. Konsistensinya masih kalah jauh dari Marquez. Kami bisa cepat  di awal berkat ban lunak, tapi setelah tiga lap degradasi (penurunan) daya cengkeram ban sangat besar,” ujar Dovi.

Di FP2 Dovisiozo bisa kalahkan Marc Marquez dengan tipis. Di FP1 ia gunakan motor standar versi GP14 guna mengumpulkan data untuk GP14,2. Pertanyaannya, GP14,2 itu yang sudah beringas atau mereka masih terbantu oleh opsi ban lunak sebagai kontestan Open Class? Dovi dan Iannone kasih jawaban seragam kalau motor sekarang amat uenak.

Sabtu ini duo Andrea itu ingin memantapkan performa DesmoGP14,2 dengan varian seting yang berbeda. Bukan untuk menyongsong sesi kualifikasi semata, tapi racei 23 laps. Sebab, sia-sia belaka jika hanya jago di balap dewek-dewek. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Aragon, Spanyol, Semua Kelas Dan Sesi 26 – 28 September 2014

MotoGP 2014 Aragon (Jelang FP3, FP4 dan Q2): Rossi Berusaha Dapat Traksi Atasi Understeer

MotoGP 2014 Aragon Spanyol FP2: Dovizioso Tercepat Latihan Bebas Kedua, Rossi Terpuruk?

MotoGP 2014 Aragon Jelang Race: Bos Besar Yamaha Puji Gaya Rossi, Lebih Bagus Dari 2009

MotoGP 2014 Aragon Spanyol FP1: Ducati Tercepat Latihan Bebas Pertama, Rossi Raba-Raba Jalur

BAGIKAN