nhk

MotoGP 2014 Argentina Race; Marquez Dengan ‘Mudah’ Juara, Pedrosa Ke-2, Ke-3 JL, Ke-4 Rossi

ManiakMotor – Sebelum lomba ronde 3 MotoGP 2014 dimulai di sirkuit Autodromo Termas de Rio Hondo, diperdengarkan dulu lagu nasional Argentina. Lagu ini dinyanyikan seorang pria bersuara tenor dengan nada seriosa yang tinggi. Suaranya penuh semangat dan menggelegar seperti memanaskan suasana sebelum race Ahad 27 April 2014. 

Benar saja, start seperti tidak beraturan. Lagi-lagi Jorge Lorenzo yang mampu melejit seperti kebiasaanya. Tapi dua tikungan berikutntya doski bikin salah, untung nggak jatuh hanya mundur ke posisi ke-3. Belum selap sudah berganti-ganti yang di depan. Mirip balapan Moto3 ketimbang MotoGP. Lorenzo yang balik ke jalur setelah salah, kembali ‘kacaukan’ yang di depan membuat Marc Marquez kaget sampai disalib banyak pembalap, Marc sempat ke-7. 

Sedang Lorenzo sudah terdepan, tapi itu sementara. Lantaran Marquez kembali meliuk-liuk dengan dengan cekatan  ke posisi dua. Pokoknya asyik untuk lap-lap awal. Di sebut awal, karena lap 3 ke atas sudah terbagi. Termasuk Rossi terlempar ke posisi enam, lantaran menghindar dari sodokan Stefan Bradl saat ke-3.

Kembali ke Lorenzo pakai ban depan medium dan belakang hard, sampai lap ke-10 masih bertahan ke-1 kendati ekornya sudah kepegang Marquez yang pakai ban keras depan dan belakang. Soal perbandingan kompresi mesin belum dikasih tahu mekaniknya, hehe. Yang pasti ada perbedaan hendling antara Lorenzo dan Marquez pada motor masing-masing, terutama melakukan pengereman. Rem Lorenzo lebih banyak ketimbang Marquez di tikungan yang sama. Itu yang terlihat di grafiik televisi bro. Rem yang sedikit yang pasti cepat meluncur di tikungan dan ban lebih awet oleh tekanan dan perpindahan bobot.

Itu prakteknya, soal Marquez juara atau tidak, lomba masih ada 13 lap lagi dan Marquez berlum beraksi alias masih cari-cari celah menyalip si JL yang patuh pada racing line-nya. Sekalian saja Marquez memanejemen kompon bannya dan faktanya di lap 15 Marquez menyalib Lorenzo. Ya udah, Lorenzo tanpa melawan alias Marquez melenggang lebih cepat dan segera memberi jarak.

Malah Dani Pedrosa berhasil menyalib Lorenzo di akhir-akhir lap, lagi-lagi Lorenzo tanpa melawan. Karena itu tadi, perbedaan cara mengerem Lorenzo dan Marquez petanda M1 Lorenzo kurang dapat setingan. Ya bisa saja nanti alawannya ban habis. Artinya lomba hanya enak dilihat di awal-awal lap. Di akhir-akhir lap, ya begitulah. Tinggal tunggu minggu depan di Jerez, Spanyol. Itu sirkuit netral buat semua merek. Dan juara Marquez kali ini adalah rekor baru sejak sesi pembuka juara tiga kali berturut sampai di Argentina yang dijuarainya dengan ‘mudah’. Ito    

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Argentina, Semua Sesi & Kelas, 25, 26 – 27 April

MotoGP 2014 Argentina Warm-Up; Marquez Lagi Yang Cepat, Kedua Aleix

MotoGP 2014 Argentina Jelang Race: 4 Pembalap Berebut Satu Posisi Sisa Podium

MotoGP 2014 Argentina Jelang Race: Lorenzo Bikin ‘Togang’ di Garis Start

MotoGP 2014 Argentina Jelang Race; Rossi Tak Pusing Soal Posisi Start

MotoGP Race Finished

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353