nhk

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang): Aleix Inginkan Yamaha, Suzuki pun Bolehlah

 

ManiakMotor – Ronde 8 MotoGP 2014 di Assen, Walanta  tak hanya penting buat pembalap papan atas. Di sana  juga jadi ajang pembuktian pembalap medioker untuk unjuk gigi. Gigi mereka memang pada rapi. Sasarannya, tak lain untuk menggigit status musim depan.

Aleix Espargaro, misalnya. Anak Spanyol itu mulai  gerah bertarung di kelas bawah dan merasa sudah layak promosi ke tim pabrikan, atau setidaknya ke satelit. Musim ini doski acap bikin kejutan di sesi latihan maupun kualifikasi, tapi sesuai karakter motor Open Class yang ogah tenang, sulit bertaruing panjang untuk mencapai podium.

Karena itu Aleix mulai bikin hitung-hitungan buat musim depan. Bertahan di Forward Racing dengan mesin sewaan M1 di Open Class, akan sangat sulit berkembang. Terlebih karena musim depan Yamaha hanya menyewakan mesinnya. Tak lagi menyumbangkan sasis dan swing-arm seperti musim ini.

Aleix walau pun belum mencoba kehilangan sasis dan lengan anyun, sudah bisa menduga lebih awal. Ia akan keringat dingin pakai motor yang menggunakan sasis lain. “Saya ingin pakai M1 seperti milik Pol (sang adik) di tim Yamaha Tech3. Siapa tahu Tech3 tertarik meluncurkan satu motor di Open Class atau Forward yang pakai motor dengan spek dasar sama. Ada pembicaraan dengan beberapa tim, tapi saya ingin tetap pakai Yamaha musim 2015,” ucapnya.

Aleix juara CRT tahun lalu dan punya performa apik musim ini. Ia memang jadi buruan beberapa tim. Setidaknya jadi cadangan jika rencana awal masing-masing tim meleset. Suzuki menempatkannya sebagai buruan jika gagal menggaet Dani Pedrosa ataupun Andrea Dovisiozo. Begitu pun rumor di Ducati, pilih Aleix andai Dovi jadi ke Suzuki. “Intinya saya ingin membesut motor pabrikan. Prioritasnya Yamaha. Tapi, tawaran Suzuki pun bagus, boleh juga dipertimbangkan,” tambah Aleix.

Pasar pembalap musim depan memang masih gonjang-ganjing dengan banyak kemungkinan. Kuncinya masih di tangan Jorge Lorenzo. Jika tetap di Yamaha maka tak banyak perubahan penting terjadi. Sebaliknya jika doski pindah ke Honda seperti rumor yang beredar, maka formasi tim lain juga. Ya sembari menunggu, Aleix harus jaga penampilan agar posisi tawarnya tetap bagus. Temasuk di Assen yang sesi awal sudah akan dimainkan pada Kamis (26/6). Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang); Sirkuit Legendaris Bikin Rossi Juara Tahun Lalu

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang): Pol Bisa Kalahkan Marc, Asalkan….

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang): Trek Favorit, Marquez Ingin Menang Ke-8, Rossi Lawan Berat

MotoGP 2014 Assen (Jelang): Misteri M1 di Aragon, Penampakan Versi 2015

BAGIKAN