nhk

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang FP3/Q2); Aleix Pemecah Best Lap Stoner, Tetap Rangka M1

 

 

ManiakMotor – Hebat juga Aleix Espargaro. Baru free practice 2 sudah melibas best lap Assen, Belanda atas naman Casey Stoner yang dicetak 2012. Macam mana bila saat qualifying 2  yang berlangsung Jumat 27 Juni ini. Pastilah lebih cepat dari sesi-sesi latihan, kan begitu biasanya lantaran motor Q2 tidak membawa yang tipis, nyali joki berlipat dan tekanan ban lebih kempes, hehe.

Aleix yang membela  NGM Forward Racing di FP1 kalah dari adiknya Pol Espargaro. Tapi di FP2 dia melejit dengan 1’33,653 dan catatan Stoner di situ adalah 1’33.713. Sekaligus melewati Marc Marquez dengan selisih 0.205 detik di FP2.”Tak kusangka bisa melewati rekor tersebut. Waktu 1’33 sangat cepat. Tapi aslinya saya suka Assen, ini trek  favorit,” jelas Aleix dengan bangganya.

Katanya memang ia diuntungkan ban yang lebih lembut versi Open Class. Itu ban cocok di Assen. Gripnya pas untuk menerima tenaga motornya. Tepat juga dengan rangka Yamaha M1 yang masih ia gunakan dalam lomba di Assen. Berbeda dengan rekan setimnya yang sudah menggunakan sasis baru untuk ancang-ancang 2015. Maklum, tahun depan Yamaha Racing hanya memasok mesin pada NGM Forward, sasis dan lengan ayun silakan bikin sendiri.  

Aleix tinggal berharap kecepatan lebih lagi bisa didapatnya saat Q2 yang tergetnya bisa di front row. Lolos dari Q2, doski juga berdoa agar motornya konsisten saat race. Sebab, penyakit motor di luar pabrikan adalah kurangnya konsistensi saat diajak balap dalam julah lap yang banyak.

Kata orang duit nggak bohong. Motor pabrikan yang dibangun dengan dana besar dengan teknologi up to date membuat pembalapnya tak banyak koreksi jalur. Kan motornya tenang dan nyaman. Berbeda dengan non pabrikan yang terus bergetar dan goyang-goyang sepanjang balapan. Otomatis pembalapnya keteteran meluruskan laju. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Assen, Belanda, Semua Sesi & Kelas 26, 27, 28 Juni 2014

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang FP3/Q2): Pedrosa Kembali Pakai Cakram 320mm, Hasilnya???

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang FP3/Q2): Marquez Merasa Assen Sudah Milik Honda

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang FP3): Akselerasi Oke, Roda Depan Keluhan Lorenzo

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang FP3/Q2): Ban Belakang Rossi ‘Oblak’, Pakai Dua Setingan

 

BAGIKAN