nhk

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang FP3/Q2): Marquez Merasa Assen Sudah Milik Honda

ManiakMotor – Wah sudah berbalik nih. Tadinya sirkuit Assen mutlak sesuai karakter Yamaha. Tapi barusan Marc Marquez  from Repsol Honda Team, merasa sirkuit di negara bekas penjajah rebulik ini dalam tiga abad, diklaim bahwa Assen sudah milik Honda.

Itu ia rasakan dalam dua sesi free practice 1 dan 2 yang berlangsung Kamis 26 Juni 2014. Padahal, si Marc bukan yang tercepat di dua sesi tersebut. “Seperti saya bilang sebelumnya, Anda tak mungkin selalu tercepat dalam latihan, Q2 dan maupun balapan. Ada saat rival lebih kencang. Tapi, saya merasa motor sekarang lebih yahud di Assen dibandingkan tahun lalu. Sangat nyaman saat ini, tak seperti tahun lalu yang banyak kesulitan. Saya pikir kini Assen tak lagi hanya punya Yamaha, tapi juga Honda. Tahun lalu mereka bagus di sini, sekarang kami sudah setara,” beber MM yang satu sisi merendah, di sisi lain tebar ancaman.

Itu sama artinya bukti omongan Shuhei Nakamoto otak di balik teknologi RC213V. Pak Shuhei pernah membocorkan arah riset mereka tahun lalu, bahwa fokus mereka untuk mensetarakan RC213V di sirkuit-sikuit cepat yang selama ini milik Yamaha. Bukan hanya di Assen ini buktinya, lantaran belum berlangsung race-nya. Tapi di Mugello yang lebih cepat dari Assen, sudah mereka tikam.   

Dulu kan kelemahan Honda kurang apik menikung lama-lama dan cepat di sirkuit cepat. Tapi tahun ini sudah terbukti di tujuh seri lalu yang sebagian ada sirkuit kilat. Di Assen ini Marquez mencetak 1:33,864 dan kalah 0,2 detik dari Aleix Espargaro (Yamaha Open Class). Makanya MM merasa tak ada yang salah pada RC213V-nya. Aleix bisa menang karena pakai ban ekstra lunak jatah khusus Open Class.

Yang jelas, MM masih di atas rival sesungguhnya macam Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, dan Valentino Rossi. Satu-satunya yang dikhawatrikan MM pada sesi Jumat dan balapan pada Sabtu (28/6) adalah temperatur cuaca di trek kebanggaan Belanda itu. Jika dingin kan menguntungkan Yamaha, sebaliknya menguntungkan Honda bila mulai panas. “Kelihatannya nanti cuaca sejuk, itu berarti menguntungkan Yamaha. Tapi, saya selalu siap dan berharap duel-duel asyik seperti Mugello dan Catalunya bisa berlangsung lagi,” tantang MM.

Tentu saja doski ndak peduli siapa yang akan jadi lawannya. Tiga pembalap senior di tim pabrikan itu semua sudah dilibasnya. Dan, khusus untuk kualifikasi, MM mencermati Aleix Espargaro dengan M1 bekasnya. “Ini trek favorit Aleix. Power mesin tak terlalu penting di trek ini. Ia bukan hanya ancaman di Q2, tapi juga saat balapan,” tegasnya.

Nah lho, tambah lawan lagi deh! Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Assen, Belanda, Semua Sesi & Kelas 26, 27, 28 Juni 2014

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang FP3): Akselerasi Oke, Roda Depan Keluhan Lorenzo

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang FP3/Q2): Ban Belakang Rossi ‘Oblak’, Pakai Dua Setingan

MotoGP 2014 Assen Belanda FP2; Yamaha Kw3 Tercepat Latihan Bebas Kedua

MotoGP 2014 Assen Belanda FP1; Pol Espargaro Tercepat Latihan Bebas Pertama, Disusul Abangnya

 

 

BAGIKAN