nhk

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang Race): Marquez Ogah Ambil Risiko, Pedrosa Siap Tempur

ManiakMotor – Sulit prediksi cuaca Assen dalam ronde lanjutan MotoGP pada Sabtu (28/6). Bila cuaca normal gampang saja  memfavoritkan Marc Marquez dan Dani Pedrosa yang main dari posisi front row.

Andai kering, bisa saja keduanya terlibat duel seperti di Catalunya. Keduanya menggunakan motor yang setara. Pedrosa juga telah kembali ke performa aslinya. Tangannya sudah sembuh total dari bekas operasi. Sedang Marquez sudah yakin, RC213V-nya laju di semua tipe sirkuit, termasuk Assen yang banyak tikungan cepat.   

Dua pembalap Repsol Honda itu start berdampingan. Marquez ke-2 dan Pedrosa ke-3. Andai hujan – disebut andai lantaran portal ini bukan peramal dan pawang hujan – sulitlah diprediksi. Apalagi Marquez belum terbukti sebagai rain master. Kolo balapan kering, dia telah membuktikan masternya.

Perhatikan saja di Assen saat menikung panjang. Bukan tubuh Marquez dan moncong motornya yang dominan belok, tapi lebih banyak  roda belakang. Tuh roda belakang digeser sangat lama (slide) di tikungan panjang langsung disusul rebah sadis di sudut yang dibutuhkan.

Itu masuk tikungan bro. Kolo keluar tikungan, you tahulah badannya yang gelantungan dan bodi motornya segera tegak. “Cuaca sangat tak ideal, sebentar hujan sebentar tidak. Meski target awal adalah pole position, hasil Q2 sudah okelah,” sebut MM yang juga ogah berandai-andai untuk balapan.  Doski tak ingin memilih main kering atau basah tapi harus siap untuk kedua situasi tersebut.

Beda dengan DP yang mersa C213V-nya sangat mantap di lintaan basah maupun kering. Karena itu ia bilang siap tarung dengan kondisi apa pun demi meraih gelar juara kali pertama musim ini.  “Motor sangat baik hari ini, saat hujan maupun kering. Tak ada perubahan penting untuk balapan, kami akan bertarung dengan cara dan setingan seperti hari ini,” katanya. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Assen, Belanda, Semua Sesi & Kelas 26, 27, 28 Juni 2014

MotoGP Assen Belanda (Jelang Race): Berat Buat Aleix Bertarung Di Depan

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang Race): Rossi dan Lorenzo Tetap Optimis, Walau Tercecer

MotoGP 2014 Assen Belanda Q2; Gerimis, Aleix Tercepat Kualifikasi, Rossi 12

BAGIKAN