nhk

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang): Saatnya Ducati Dorong Crutchlow

ManiakMotor – Suka tak suka, andalan Ducati ke Assen adalah Cal Crutchlow. Tahun lalu ia ibarat penjajah di Belanda, memukuli para pembalap pabrikan di sesi kualifikasi. Itu memori tahun lalu saat masih bersama Yamaha Tech3 yang manis buat Cal. Ia pole position perdana sepanjang karirnya, kemudian menutupnya dengan hasil podium ketiga bersama Valentino Rossi dan Marc Marquez.

Beda pakai Desmosedici GP14 sepertinya mustahil buat Cal mengulang hal sama, bahkan hanya membayangkan pun bisa dibilang tak realistis. Dalam tujuh seri awal 2014 ia sama sekali belum klop dengan  Ducati. Hasilnya 4 kali nggak finish, sekali tak ikut karena cidera, dan hanya dua kali finish di Qatar (urutan 6) dan Prancis (11).

Dari empat pelaga Ducati di MotoGP, Cal ini yang paling jeblok. “Sejauh ini memang hasil saya payah. Tapi, ke Assen, percaya diri saya selalu berlimpah. Ini sirkuit yang paling saya sukai. Anda akan lihat perbedaannya, saya siap 100%,” tegas Cal yang musim 2012 masuk 5 Besar di Assen.

Sebenarnya bila dicermati bukan masalah teknis Desmosedici GP14. Tapi kesulitan Cala dalam penyesuaian pada Dcati. Hasilnya tak dapat-dapat setelan motor sesuai gayanya. Dilacak lebih dalam lagi, kerjasama Cal dan mekaniknya. Sebab di sisi lain teman setimnya Andrea Dovizioso penampilannya lebih baik. Bahkan Andrea Iannone bisa menaklukan motor yang sama dikendarai Cal.

Buat Luigi Dall’Igna selaku komandan mekanik, itu tantangan. Harapan tercurah pada Cal karena rider satunya, Dovisiozo lebih awal bilang Assen adalah sirkuit yang dibencinya. Riding style-nya tak cocok dengan tipilkal Assen yang banyak berubah arah tiba-tiba pada kecepatan tinggi, ditambah lagi lintasan yang sempit. Dovi pernah  podium ketiga musim 2011 bersama Honda dan 2012 bersama Yamaha Tech3. Tahun lalu bersama Ducati ia hanya finish ke-10.

Jadi, inilah momen untuk Cal. Jika di Assen saja ia tak becus bawa Ducati, maka dipastikan di trek-trek selanjutnya pun akan semakin babak belur. Itu jelas mempengaruhi posisinya di musim 2015, setidaknya agar Ducati tak setengah hati meneruskan kontraknya dan Suzuki pun tetap meliriknya. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang): Teknisi Lorenzo Menyatukan Power, Bodi Dan Supensi M1

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang): Rossi Ke-9, Marquez Ke-8

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang): Pedrosa Pede, Siap Menyerang Siapa Saja..!

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang): Aleix Inginkan Yamaha, Suzuki pun Bolehlah

 

 

BAGIKAN