nhk

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang): Teknisi Lorenzo Menyatukan Power, Bodi Dan Supensi M1


ManiakMotor – Tahun lalu Jorge Lorenzo tampil heroik di Assen. Ia bertarung bak banteng terluka, dengan bahu patah dan masih dibalut akibat jatuh di sesi latihan. Kini dengan bekal korekan baru pada M1, ia ingin hasil lebih baik pada lomba Sabtu 28 Juni di sirkuit Assen, Belanda.

Tentu saja JL tak ingin mengulangi peristiwa tahun lalu meski banyak pujian kepadanya. Jatuh dan patah tulang membuatnya harus balik ke Spanyol untuk operasi. Balik lagi ke Assen dengan keadaan luka dan putuskan tarung dalam balapan. Ia tak ikut sesi kualifikasi, namun hasil FP membuatnya dapat grid 12 saat start. Dan, JL pun sukses fiish ke-5 dengan iringan tepuk tangan riuh penonton.

Misinya di lomba ronde 8 ini ingin juara. M1 miliknya yang kalah otot di Catalunya, kini diyakini membaik. Antara tenaga, bodi dan suspensi sudah merupakan kesatuan. Di Catalunya, tenaga sengaja dikurangi agar  ban dapat grip. Bila tak dikurangi, kegedean tenaga dan akibatnya tak bisa disalurkan. “Hal itu yang membuatku tak kompetitif musim ini,” ujar JL soal power motornya yang terlalu kuat.

Katanya sih, itu diatasi dengan beberapa komponen baru saat test rahasia di Aragon. Ilmu kira-kiranya sih lebih terfokus pada bodi (rangka) dan suspensi menerima tenaga. Lalu eletronik untuk mengirim power pada girboks, tentu juga termasuk girboksnya yang ada SSG di situ yang ujung-ujung akeslerasi cepat tanpa ban spin. Ingat ya, itu hanya elmu kira-kira.

 “Yang jelas kami temukan solusinya di Aragon. Lay out Assen banyak tikungan cepat berikut trek lurus yang  pendek selama ini bagus buat Yamaha. Meski hasil akhir tak selalu baik di Assen, setidaknya saya kerap dapat set-up di sana. Ada sedikit optimisme bisa bersaing di baris depan dan berjuang untuk menang. Lihat saja nanti,” ujar JL yang baru 4 kali menang di Assen (125cc, dua kali 250cc, dan MotoGP musim 2010).

Hasil pengembangan di Aragon itu akan dimaksimalkan pada sesi FP1 dan 2 yang digelar Kamis (26/6). Di situ akan terlihat pembuktiannya, sekaligus tanda awal apakah optimisme JL sesuai omongannya. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang): Rossi Ke-9, Marquez Ke-8

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang): Pedrosa Pede, Siap Menyerang Siapa Saja..!

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang): Aleix Inginkan Yamaha, Suzuki pun Bolehlah

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang); Sirkuit Legendaris Bikin Rossi Juara Tahun Lalu

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang): Pol Bisa Kalahkan Marc, Asalkan….

 

BAGIKAN