nhk

MotoGP 2014 Assen Belanda (Pasca Race): Strategi Tim, Bikin Marquez-Pedrosa Podium

 

ManiakMotor – Tegang memang hadapi sirkuit yang basah-kering saat seri 8 MotoGP 2014 di sirkuit Assen, Belanda pada 28 Juni. Bila pilihannya ban slick, sebagian masih basah. Ban slick itu sama dengan  untuk lintasan kering. Pakai ban basah yang ada profilnya, risikonya ketinggalan dari para pemakai slick bila benar-benar sirkuit berubah kering semua. Tipe ban basah selalu lebih cepat slick, kontur ban komponnya erat dengan permukaan aspal.

Dilema itu diakui dua pembalap Repsol Honda sangat menegangkan untuk memulai lomba, tapi bisa diatasi, buktinya keduanya podium. Makin tegang karena krodit masuk-keluar pit stop. Bahkan Marc Marquez memaku gugup memakai ban slick terutama melawati area yang basah. “Sangat berbahaya menggunakan slick. Itu yang membuat aku gugup dan bikin kesalahan. Untung bisa mengejar Andre (Dovizioso) dengan konsentrasi tinggi,” jelas Marquez yang sudah ke-8 kali juara.

Marquez bilang, timnya yakin sirkuit akan mengering seiring berjalannya lomba. Ia menuruti analisa tim untuk menggunakan tipe ban dan kapan harus masuk pit. Katanya, karena timnya tenang alias tak ragu dengan strategi mereka, ia juga jadi ikutan tenang. Tugasnya sebagai pembalap hanya menjalankan taktik berlomba di lintasan kering-basah. Ia berakselerasi halus, mengerem halus, juga halus membolak balik motor di tikungan dan tetap menjaga laju di antara peserta.    

Walau bicara lomba yang sulit, tapi Marquez juara, hehe. “Asli, ini lomba yang berat. Berat menjalankan motor di antara basah dan kering, juga berat harus tetap kencang. Pokoknya konsentrasi tinggi deh,” pungkas Marquez yang berjanji akan kembali ke Sachsenring, Jerman pada seri berikutnya dengan target juara.

Sedang Dani Pedrosa rekan setimnya duel keras dengan Aleix Espargaro (NGM Forward Racing). Keduanya tarik-tarikan. “Sangat tegang. Tapi saya tetap membawa motor dengan tenang dan lembut memainkan rpm di tempat-tempat basah. Tim telah melakukan startegi yang tepat dan tenang membuat saya rileks,” jelas Pedrosa yang ke-3. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Assen, Belanda, Semua Sesi & Kelas 26, 27, 28 Juni 2014

MotoGP 2014 Assen Belanda (Pasca Race): Strategi Tim, Bikin Marquez-Pedrosa Podium

MotoGP 2014 Assen (Pasca Race); Cermat Kontrol Putaran Mesin, Dovizioso Kedua

MotoGP Assen Belanda (Pasca Race): Rossi Tetap Ceria, Lorenzo Minta Maaf Takut Jatuh

MotoGP Assen Belanda (Pasca Race): The Flying Fish Julukan Baru Marquez

BAGIKAN