nhk

MotoGP 2014 Assen Belanda Q2; Gerimis, Aleix Tercepat Kualifikasi, Rossi 12

 

ManiakMotor – Tibalah saatnya penentuan grid start atau qualifying 2 yang bahasa Indonesianya kualifikasi. Tepatnya di sirkuit Assen, Belanda pada 27 Juni 2014 dalam rangka ronde ke-8 MotoGP 2014. Dari empat sesi sebelumnya, telah berganti-ganti yang tercepat. Barusan di FP4 Marc Marquez sangat cepat, silakan lihat hasil. Sekarang lagi cerita Q2.

Di Q2 ini seharusnya lebih cepat dari sesi-sesi sebelumnya. Bukankah di kualifikasi motor lebih ringan karena membawa bahan bakar yang tipis dan best lap selalu tercipta. Asal tahu saja, best lap Assen malah telah pecah di sesi FP2 oleh Aleix Espargaro dan dipertajam lagi oleh Marquez di sesi FP4. Sayang seribu sayang, saat baru keluar menghadapi Q2 sudah ada bendera putih silang merah dikibarkan marshall yang artinya hati-hati lintasan licin. Ya basah oleh gerimis. Seketika  para pembalap yang baru keluar itu segera hati-hati, kendati time dicatat sebagai hasil Q2.

Makanya di babak pertama ini yang malah tercepat Aleix dari NGM Forward yang menunggang Yamaha  Open Class. Aleix hanya mencetak 1:38.789. Dibilang hanya, karena jauh dari hasil FP2 dicetak Aleix yang bisa 1 menit 33 detik. Ya namanya juga gerimis, pada ngeper betot gas. Bahkan Marquez yang jagoan tertinggal 1.405 detik dari Aleix. Marquez kedua.

Menit ke-7 bukan gerimis lagi, tapi sudah hujan yang lumayan.  Makanya waktu Aleix tadi yang dicetaknya menggunakan ban slick yang tercepat. Sebab, para pembalap saat menggunakan ban kedua pakai tipe basah, yakin tak akan bisa mengejar. Apalagi Aleix diuntungkan ban lembut khusus Open Class di saat belum semua lintasan kena gerimis, itu tadi di awal Q2.

Begitulah. Eh, nomong-ngomong Rossi tercecer ke-12 atau sama dengan baris ke-4 saat start untuk lomba. Jauh dari target Rossi yang Q2 ingin masuk lima besar. Sebaliknya ini pencapaian terbaik Aleix di saat kondisi yang tiba-tiba tidak normal.  “Saya memang beruntung oleh keadaan. Pasti gembira dong, seperti hadiah,” jelas Aleix dalam jumpa pers pemenang Q2.

Sebagai pole position sudah merupakan juara buat Alieix. Sebab untuk juara dalam lomba dengan lap yang banyak, mustahil dengan motor kw3 M1-nya. Motor khas Open Class yang sulit dijinakan di lomba normal.  Ito 

BACA JUGA

Hasil MotoGP Assen, Belanda, Semua Sesi & Kelas 26, 27, 28 Juni 2014

MotoGP 2014 Belanda (Jelang Race): Canda Rossi Soal Assen, Marquez Kaya Racing Line

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang Race): Rossi dan Lorenzo Tetap Optimis, Walau Tercecer

MotoGP 2014 Assen Belanda FP4; Marquez Sangat Cepat Latihan Bebas Keempat, Ditempel Rossi

MotoGP 2014 Assen Belanda (FP3); Gerimis Latihan Bebas Ketiga, Rossi Tercepat

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang FP3/Q2); Aleix Pemecah Best Lap Stoner, Tetap Rangka M1

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang FP3/Q2): Pedrosa Kembali Pakai Cakram 320mm, Hasilnya???

 

Hasil MotoGP Qualifying Nr. 2

 

BAGIKAN