nhk

MotoGP 2014 Assen Belanda (Race): Marquez Juara Di Semua Kondisi, Rossi Gagal Berjudi

 

ManiakMotor – Sebelumnya Salam Ramadhan, selamat berpuasa. Lanjut..! Jelang race Moto2 Sabtu siang 28 Juni 2014 di sirkuit Assen, Belanda sudah disiram hujan, namun berhenti tat kala lombanya berjalan. Sampai race MotoGP lintasan  antara kering dan basah. Makanya pembalap diberi kesempatan satu lap untuk coba lintasan atau disebut sighting lap. Bingung mereka memang, apalagi masih ada butiran-butiran hujan jatuh dari langit, maka pimpinan lomba pun menyatakan wet race.

Pembalap pun lebih memilih ban basah saat start. Tapi motor cadangan pakai ban slick telah disiapkan di depan paddock. Khusus lintasan basah-kering-basah, ilmu mengendara Marc Marquez akan diuji. Teknik- banyak bermain slide di tikungan berfungsi atau tidak? “Pakai slick awal lomba terlalu risiko. Namun kami tahu, sirkuit akan mengering dan punya strategi yang tepat untuk ganti motor,” jelas Marquez yang membela Repsol Honda Team  soal pilihan jitunya. 

Lintasan juga otomatis dingin, katanya menguntungkan Yamaha. Apalagi Assen, dari tradisi dari spesifikasi mesin, kontur rangka dan desain bodi M1 cocok di pengkolan-pengkolan cepat. Ayo lihat lombanya, apa betul begitu??? Kayaknya nggak deh, situasi kusut. Jorge Lorenzo tercecer alias tak percaya diri dan Velentino Rossi bikin blunder.

Saat mau start usai warm-up, Rossi malah ganti motor yang menggunakan ban basah yang sebelumnya kering untuk diajak berjudi. Akibatnya ia start dari pit line yang harus dari belakang. Padahal bila Rossi meneruskan judinya, ia nggak perlu balik lagi ke pit atau start bersama di grid 12. “Tadinya sudah yakin dengan slick. Dua menit mau balap hujan turun, tapi berhenti lagi,” jelas Rossi yang mengaku tetap enjoy dengan hasil ke-5.

Pada kondisi yang krodiit itu posisi juga kusut. Dovizioso berhasil terdepan yang lumayan lama. Ya kolo kondisi nggak normal terus, Dovi pasti berpeluang juara pertama, lantaran lomba ini bukan semata power motor. Berhubung makin kering, dia pun mulai ditempel Marquez dan yakinlah dilibas. “Saya bisa di depan juga berkat Marquez. Saya tahu dia menggunakan ban yang sama, tinggal berusaha dekat dengan Marc di awal lomba. Juga tetap menjaga ritme putaran mesin di tempat-tempat basah menghindari spin,” kata Dovi yang berhasil memimpin lantaran Marquez hampir high side.

Sampeyan lihat di tv Marquez-lah yang juara. Ia bisa membuktikan piawai di semua kondisi sirkuit dari basah, setengah basah dan kering di Assen. Tadinya doski diragukan memainkan keterampilannya. Jangankan di lintasan basah, trek yang dingin saja kurang ia sukai. Faktanya sama saja tuh. Memang ilmu slide-nya berkurang. Tapi nyalinya tetap tebal. RC213V-nya sudah sangat, sangat, sangat ‘kepegang’ oleh joki bernomor 93 itu. Daaan, Marquez delapan kali podium pertama sejak seri pembuka MotoGP 2014 di Qatar sampai di Assen ini. Dewa dia… Ito 

BACA JUGA

Hasil MotoGP Assen, Belanda, Semua Sesi & Kelas 26, 27, 28 Juni 2014

MotoGP 2014 Dua Podium Ducati (Assen Ke-2), Gigi Yakin Desmosedici 2015 Menggigit

MotoGP 2014 Rossi Bela Lorenzo Soal Takut Jatuh Di Assen, Bantah Marquez Menang Taktik

MotoGP 2014 Assen Belanda (Pasca Race): Strategi Tim, Bikin Marquez-Pedrosa Podium

MotoGP 2014 Assen (Pasca Race); Cermat Kontrol Putaran Mesin, Dovizioso Kedua

MotoGP Assen Belanda (Pasca Race): The Flying Fish Julukan Baru Marquez

Klasemen MotoGP 2014, Moto2 2014, Moto3 2014

MotoGP 2014 Assen Belanda; Warm Up Marquez Tercepat, Ditempel Lorenzo

MotoGP 2014 Belanda (Jelang Race): Canda Rossi Soal Assen, Marquez Kaya Racing Line

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang Race): Marquez Ogah Ambil Risiko, Pedrosa Siap Tempur

 

Hasil MotoGP Race Assen

BAGIKAN