nhk

MotoGP 2014 Assen (Jelang): Misteri M1 di Aragon, Penampakan Versi 2015

ManiakMotor – Sudah empat hari berlalu, tak ada juga bocoran soal tes khusus Yamaha di Aragon, Spanyol, Rabu atau 18 Juni kemarin. Benar-benar tertutup, lantaran harus memang ditutup-tutupi.

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo memang diprogram untuk lanjutkan tes, usai test remi Catalunya 16 Juni. Selain persiapan ke Assen pada 28 Juni, tes Aragon juga dipakai untuk evaluasi total motor Lorenzo yang memble lagi di Catalunya setelah sebelumnya mantap di Mugello.

Tes yang sama dilakukan tahun lalu di tempat sama dan hasilnya M1 Rossi juara di Assen. “Ini lanjutan tes Catalunya untuk persiapan ke GP Belanda. Kami harus tahu apa problem motor Jorge dan mencari solusinya,” ujar Direktur Tim Movistar Yamaha Massimo Meregalli sebelum nyeberang ke Aragon dari Catalunya.

Begitu kata Meregalli. Tapi, rumor beredar, tes Aragon pengembangan awal M1 spek 2015. Mesin baru yang ndak boleh dites pada tes resmi Catalunya sebelumnya, kali ini dilucurkan utuh di Aragon. Tentu  berbarengan dengan beberapa komponen baru yang sudah dicicil di Catalunya, antara lain perangkat elektronik yang ada hubungan kontrol traksi, dan pengembangan SSG guna menolong Lorenzo yang acap mengeluh soal akselerasi.

Wajarlah tes Yamaha ini penuh rahasia. Jangankan detil pengembangan, sekadar foto testing saja pun ndak ada. Untuk Assen, energi pasukan Garputala itu terkuras untuk M1 Lorenzo. Beda dengan gacoan The Doctor yang lima kali podium dalam 7 balapan. Pengembangannya lebih terstruktur. Kolo dilihat dari 7 lomba lalu, motor Rossi masih tetap kalah tenaga sikit. Hanya tenaga ini yang disuntik. Tentu tanpa mengurangi motor yang enak dikebut.

Makanya Rossi lebih optimistis menuju Assen, satu-satunya tempat yang memberinya gelar juara musim lalu. “Di Catalunya saya sudah sangat dekat dengan kecepatan Marc (Marquez). Saya kira ada peluang menghambatnya di Assen,” ucap The Doctor.

Nyok, lanjutkan kalau begitu! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Assen Belanda; Suzuki Ganti Mesin, Rangka Dan Elektronik

MotoGP 2014 Assen (Jelang): Crutchlow Aman di Ducati, Tapi Nggak Nyaman

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang): Dilema Dovisiozo di Antara Ducati, Suzuki, dan Honda

MotoGP 2014 Assen (Jelang): Giliran Nakamoto Soal Kontrak Pedrosa, Pesan buat Lorenzo?

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang): Dibidik Suzuki, Iannone Justru Incar Pabrikan Ducati

BAGIKAN