nhk

MotoGP 2014: Aturan Poin Penalti Berubah, Berlaku Dua Tahun

 

ManiakMotor – Sejak diberlakukan pada musim 2013, sistem penalty point tak terlihat signifikan pada pembalap MotoGP.  Marc Marquez yang mengantongi 3 poin hukuman kembali bersih di MotoGP 2014 karena hukumannya hanya berlaku semusim. Mulai 2014, masa berlakunya ditambah 365 hari atau sampai 2015.

Itu salah satu butir rapat Komisi Grand Prix FIM di Paris, Prancis. Maksudnya supaya pembalap yang bengal di lintasan tak bisa langsung ‘menghapus dosa’ begitu seri terakhir balapan selesai, seperti MM yang poin hukumannya langsung punah begitu seri Valencia lalu dinyatakan finish.

 

Dengan aturan baru ini pembalap yang sudah mengantongi poin tetap terikat sampai musim berikutnya, dalam 365 hari setelah tutup musim sebelumnya. Hukuman itu baru kembali ke angka nol jika sudah sampai 10 dan si pembalap sudah melaksanakan hukumannya. Atau, kembali normal jika dalam dua musim itu angkanya tak bertambah.

 

Sistem hukumannya tak berubah. Pembalap yang bikin manuver membahayakan atau bertindak di luar prosedur selama balapan akan dikenai sanksi oleh Race Direction dengan nilai 1 sampai 10 sesuai tingkat kesalahan. Jika sudah dapat 4 angka hukumannya start dari grid belakang pada seri balap selanjutnya, 7 angka akan start dari pitlane, dan 10 angka maka bersangkutan dilarang ikut satu seri balapan berikutnya. Jika ampai angka 10 dan telah menjalani hukuman, maka poin bersangkutan akan kembali nol.

 

Format hukuman itu tetap berlaku untuk musim 2014 dan seterusnya. Bedanya, musim depan si pembalap baru mengoleksi lima poin, nilai lima itu tetap dihitung sampai musim 2015. Tapi, seperti musim 2013 Brosist, aturan ini sepertinya tak akan membuat pembalap jadi lebih santun di lintasan. Seorang rider yang dasarnya agresif macam Marquez dan Jorge Lorenzo akan tetap dalam karakter macam itu.

 

Apalagi musim depan ada tambahan alumnus Moto2 macam Pol Espargaro dan Scott Redding yang tak kalah agresif. Ayo, siapa yang bakal jadi korban pertama? Andro

 

BACA JUGA

MotoGP: Film Dokumenter Marquez, Upaya Dorna Untuk Mengganti Tokoh Rossi

MotoGP 2014: Rekaman Duel Marquez vs Espargaro Cilik, Dibangun Untuk Rivalitas Baru

Bos Dorna Bilang Marquez Menang Kebetulan, MotoGP 2014 Ada Dua Lawannya

MotoGP 2014; Jurus ‘Liar’, Hilangkan Sopan Santun Balapan Para Raja

MotoGP: Rossi Siap Nikahi Linda Morselli

 

 

BAGIKAN